Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Earphone TWS Sony WF-1000XM4 Dijual Rp 4 Juta di Indonesia

Kompas.com - 04/07/2021, 13:17 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Sony resmi memboyong perangkat earphone true wireless stereo (TWS) terbarunya bernama Sony WF-1000XM4 ke pasar Indonesia. Perangkat ini merupakan penerus dari Sony WF-1000XM3 yang sebelumnya telah dijual di Tanah Air pada Juli 2019 lalu.

Menurut Presiden Direktur Sony Indonesia, Kazuteru Makiyama, earphone Sony WF-1000XM4 ini hadir untuk mendukung produktivitas di masa new normal, seperti meeting, belajar online, dan kegiatan lainnya.

"WF-1000XM4 diharapkan dapat menjadi sahabat setia yang selalu menemani pengguna dalam menjalani hari-hari yang produktif," kata Makiyama, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Minggu (4/7/2021).

Sony WF-1000XM4 mengunggulkan kemampuan Noise Cancellation yang ditingkatkan sebagai nilai jual utama. Fitur ini ditangani Integrated Processor V1 dengan memanfaatkan kemampuan noise cancelling dari chip  QN1e.

Baca juga: Apple Rilis Beats Studio Buds, Earphone TWS untuk Android

Fitur Noise Cancellation sendiri berguna untuk meredam suara bising dari lingkungan sekitar, sehingga pengguna dapat mendengarkan musik dengan lebih jelas tanpa gangguan dari suara lainnya.

Driver pada WF-1000XM4 berukuran 6mm. Earphone TWS ini turut didukung oleh mode Quick Attention untuk membiarkan suara dari sekitar masuk, misalnya ketika mendengar pengumuman atau berbicara dengan orang lain.

Pengguna dapat mengaktifkan mode Quick Attention dengan meletakkan jari di atas earbud kiri untuk langsung menurunkan volume

Earphone wireless Sony WF-1000XM4Sony Earphone wireless Sony WF-1000XM4

Ada pula fitur bernama Adaptive Sound Control, yang otomatis menyesuaikan pengaturan suara sekitar dengan lingkungan tempat pengguna beraktivitas, seperti misalnya di dalam kantor, tempat gym, atau kafe.

Sony WF-1000XM4 dapat digunakan seharian selama 24 jam dan memiliki ketahanan baterai hingga 8 jam untuk memutar lagu. Angka itu bisa diperpanjang hingga 16 jam dengan melakukan pengisian baterai di aksesori charging case.

Baterai charging case tersebut bisa diisi secara nirkabel maupun kabel lewat port USB-Type C. Earphone teranyar ini mendukung dua format audio standar codec LDAC dan DSEE Extreme.

Di bagian permukaan earphone terdapat sensor sentuhan. Pengguna bisa menyentuhkan jari untuk mengendalikan playback musik, mengaktifkan Noise Cancellation, Ambient Sound, serta mode Quick Attention dengan gerakan tapping atau swiping.

Untuk menghentikan musik, pengguna cukup melepas salah satu earbud (kanan atau kiri) dan memasangnya kembali apabila mereka ingin mendengarkannya lagi.

Baca juga: Menjajal Galaxy Buds Pro, Earphone TWS Jagoan Baru Samsung

Headphone ini juga dilengkapi dengan dukungan Microsoft Swift Pair, yang memudahkan pengguna ketika ingin terhubung dengan perangkat Windows 10.

Sony WF-1000XM4 turut mendukung teknologi asisten suara digital Amazon Alexa dan Google Assistant untuk memberi perintah tertentu.

Fitur-fitur lainnya mencakup Google Fast Pair, Precise Voice Pickup Technology, Speak-to-Chat, Mode Automatic Wind Noise Reduction, 360 Reality Audio, serta lapisan anti air dan keringat dengan sertifikasi IPX4.

Di Indonesia, Sony WF-1000XM4 hadir dalam dua varian warna yakni Hitam dan Silver. Banderol harganya dipatok sebesar Rp 3.999.000.

Sony WF-1000XM4 bisa dipesan melalui sesi pre-order yang dibuka mulai tanggal 1 hingga 25 Juli 2021 di official store Sony Indonesia, baik secara online maupun offline. Keterangan selengkapnya bisa dilihat di situs Sony di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com