Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno6 Andalkan "Computational Photography" untuk Merekam Video, Apa Itu?

Kompas.com - 05/07/2021, 12:59 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Oppo akan membawa ponsel terbarunya, Reno6, ke Indonesia. Menjelang waktu peluncurannya, Oppo Indonesia mengumbar sejumlah fitur baru yang dimiliki ponsel tersebut.

Salah satu yang menjadi andalan adalah sektor videografi. Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, mengklaim Reno6 merupakan smartphone pertama dengan fitur video yang mengandalkan computational photography. Apa itu?

Sederhananya, teknologi tersebut memungkinkan Oppo Reno6 dapat mempercantik hasil pengambilan video yang direkam oleh pengguna secara otomatis, tanpa harus melalui proses penyuntingan (editing) tambahan.

Untuk mengoptimalkan hasil video, computational photography memanfaatkan teknologi AI deep learning yang dipadu dengan algoritma pemrosesan gambar yang telah diperbarui. 

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto dalam konferensi pers virtual Oppo Reno6 Imaging Workshop, Senin (5/7/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto dalam konferensi pers virtual Oppo Reno6 Imaging Workshop, Senin (5/7/2021).
"Deep learning memungkinkan smartphone mengidentifikasi bagian gambar mana yang berisi subyek, serta menganalisis posisi dan hubungannya dengan latar belakang," tutur Aryo dalam konferensi pers virtual Oppo Reno6 Imaging Workshop, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Bocoran Oppo Reno6 Indonesia, Beda dengan Versi Global, Punya Kamera 64 MP

Sistem ini akan mempelajari sejumlah parameter dalam sebuah video, mencakup postur tubuh obyek (manusia), depth of field, cahaya dan angle perekaman, serta obyek lingkungan lainnya macam bayangan, langit, awan, air, dan lain-lain.

Dari situ, sistem akan mengenali mana elemen yang merupakan obyek bergerak dan mana yang bukan, serta mengoptimalkan hasil perekaman video supaya lebih terang, lebih tajam, dan memiliki warna yang natural.

Aryo mengklaim seluruh pemrosesan video tersebut bisa dilakukan Reno6 dalam sekejap.

"Proses deep learning, rendering tingkatan piksel, pengoptimalan video, serta algoritma lainnya dapat dilakukan (secara akurat) dalam hitungan sepersekian detik," klaim Aryo. 

Fitur Video Oppo Reno6

Bokeh Flare Portrait di Oppo Reno6 Oppo Bokeh Flare Portrait di Oppo Reno6
Oppo pun menanamkan sejumlah fitur video di Reno6, mencakup AI Highlight Video, Bokeh Flare Portrait, hingga Portrait Beautification Video.

AI Highlight Video memungkinkan video yang direkam memiliki tingkat cahaya dan detail yang bagus berdasarkan kondisi perekaman pada saat itu.

Baca juga: Oppo Reno6 Bisa Dibeli di Indonesia 15 Juli

Saat malam hari, Reno6 diklaim dapat meningkatkan kecerahan video sebesar 40,2 persen.

Fitur Bokeh Flare Portrait sendiri memungkinkan pengguna merekam video portrait dengan latar belakang cinematic yang ciamik, sedangkan Portrait Beautification Video memungkinkan wajah pengguna dipercantik secara natural.

Aryo tidak mengumbar hardware apa yang digunakan Reno6 versi Indonesia untuk menunjang performa computational photography dalam kinerja perekaman video tadi.

Namun, dia mengatakan bahwa "jeroannya" bakal berbeda dengan Reno6 versi global.

"Yang pasti, (hardware Reno6) satu juta persen berbeda dengan yang ada di luar sana," pungkas Aryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com