Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Ada 3 Opsi Pengiriman Video

Kompas.com - 05/07/2021, 19:09 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini pengguna WhatsApp tak memiliki banyak pilihan ketika mengirimkan video. Konten yang dikirim sebagai media secara otomatis akan dikompres sehingga mengalami penurunan kualitas.

Namun, tak lama lagi mungkin pengguna WhatsApp bakal bisa memilih apakah ingin mengirim video berkualitas tinggi atau yang memiliki ukuran file kecil (lewat kompresi) untuk menghemat kuota data.

Baca juga: Cara Membuat Link Grup WhatsApp untuk Dibagikan

Indikasinya bisa dilihat dari tangkapan layar unggahan situs WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran tentang calon fitur baru WhatsApp dengan akurat sebelum resmi meluncur.

Dalam bocoran tangkapan layar aplikasi WhatsApp versi beta itu, terlihat ada tiga opsi "Video Upload Quality" yang dapat dipilih oleh pengguna, yakni "Auto (recommended)", "Best Quality", dan "Data Saver".

Opsi Video Upload Quality di aplikasi WhatsAppWABetaInfo Opsi Video Upload Quality di aplikasi WhatsApp
Jika memilih opsi "Auto (recommended)", maka WhatsApp akan menampilkan tayangan video dengan kualitas terbaik berdasarkan kecepatan koneksi data internet pengguna.

Sedangkan "Best Quality" merupakan opsi apabila pengguna ingin WhatsApp menampilkan video dengan kualitas paling baik. Kuota data yang dihabiskan untuk mengirim video tersebut juga akan lebih besar.

Untuk menghemat kuota, pengguna bisa memilih opsi "Data Saver" yang akan menampilkan tayangan video dengan kualitas lebih rendah.

Baca juga: WhatsApp Sudah Bisa Kirim Foto dan Video yang Terhapus Sendiri, Begini Caranya

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Senin (5/7/2021), mode "Data Saver" juga bisa diaktifkan melalui menu pengaturan ponsel. Jika sudah aktif, nantinya WhatsApp akan mengompres video tersebut secara otomatis sebelum mengirimnya.

Untuk sekarang,  fitur ini disebut masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan dirilis secara resmi kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com