Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, 9 Aplikasi Android Ini Bisa Curi Password Facebook

Kompas.com - 05/07/2021, 20:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Dr. Web

KOMPAS.com - Pengguna smartphone Android kembali menjadi target para pencuri data pribadi di internet melalui aplikasi.

Kali ini, pengembang aplikasi antivirus Dr. Web mengklaim ada sembilan aplikasi Android yang diduga telah disusupi oleh program berbahaya (malware) jenis trojan yang bisa mencuri informasi kredensial atau kata sandi (password) akun Facebook.

Menurut Dr. Web, aplikasi-aplikasi yang diklaim telah diunduh lebih dari lima juta kali tersebut sebenarnya berjalan normal, namun dengan fitur terbatas.

Konon, jika ingin menggunakan fitur-fitur ekstra lainnya atau menghilangkan iklan, pengguna harus masuk (login) menggunakan akun Facebook mereka terlebih dahulu.

Baca juga: 8 Aplikasi Android dan iOS untuk Mempercantik Instagram Reels

Laman login Facebook yang muncul sendiri terlihat normal dan meyakinkan, sebagaimana ilustrasi gambar berikut. Namun, ternyata ada proses pencurian data yang berjalan di baliknya.

Program Trojan di aplikasi App Lock Manager buatan Implummet col dan tampilan login Facebook.Dr. Web Program Trojan di aplikasi App Lock Manager buatan Implummet col dan tampilan login Facebook.

Berdasarkan laporan Dr. Web, para oknum ini menyematkan sejumlah kode khusus yang bisa mengumpulkan informasi kredensial yang dimasukkan pengguna, termasuk username dan password Facebook.

Kemudian, informasi tersebut bakal dikirimkan ke server peretas (hacker) dan bakal disimpan di sana.

Tidak hanya informasi kredensial, para hacker ini juga bakal menerima data-data lainnya, seperti riwayat pencarian atau penelusuran (cookies) Facebook yang sedang aktif dan belum di-logout.

Baca juga: 8 Aplikasi Android di Play Store Terjangkit Malware Joker, Segera Hapus dari Ponsel Anda

Dr. Web melanjutkan, para peretas ini juga bisa saja mencuri password dari layanan lainnya, apabila laman Facebook tadi diubah dengan laman login palsu dari layanan internet lainnya.

Sebab, pengaturan program trojan yang tersemat di dalam sembilan aplikasi itu bisa diubah sedemikian rupa dengan mudah, tentunya dari jarak jauh.

Nah, agar lebih waspada, berikut daftar sembilan aplikasi yang dianggap bisa mencuri informasi kredensial Facebook, lengkap dengan nama pengembangnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Dr.Web, Senin (5/7/2021).

Pantauan KompasTekno, seluruh aplikasi ini sudah dihapus dari Google Play Store.

Artinya, pengguna yang masih memasangnya di smartphone masing-masing sebaiknya juga menghapus aplikasi-aplikasi ini secara manual, apabila ingin terhindar hal-hal yang tidak diinginkan.

1. PIP Photo (Lillians)
2. Processing Photo (chikumburahamilton)
3. Rubbish Cleaner (SNT.rbcl)
4. Horoscope Daily (HscopeDaily momo)
5. Inwell Fitness (Reuben Germaine)
6. App Lock Keep (Sheralaw Rence)
7. Lockit Master (Enali mchicolo)
8. Horoscope Pi (Talleyr Shauna)
9. App Lock Manager (Implummet col)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dr. Web


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com