Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Akan Dilakukan Jeff Bezos Setelah Melepas Jabatan CEO Amazon

Kompas.com - 06/07/2021, 11:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Amazon Jeff Bezos resmi melepas jabatannya, pada Senin (5/7/2021). Ia mewariskan posisi CEO kepada Andy Jassy, sosok yang sebelumnya dikenal sebagai CEO Amazon Web Services (AWS).

Meski tak lagi menjabat sebagai CEO, Bezos mengaku masih akan terlibat dalam proyek-proyek penting Amazon.

Sebab, pria berumur 57 tahun itu masih akan "berkeliaran" di Amazon dengan mengisi posisi sebagai Ketua Eksekutif Dewan perusahaan tersebut.

Selain itu, pria berkepala plontos itu juga mengungkap bahwa ke depannya ia akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus di sejumlah proyek dan inisiasi.

"Selain proyek Amazon, saya juga akan fokus kepada (proyek) Day 1 Fund, Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan passion saya yang lainnya," jelas Bezos dalam sebuah surel yang dikirimkan kepada seluruh karyawannya.

Sekadar informasi, semua proyek yang disebutkan Bezos tadi tidak memiliki benang merah sama sekali dan fokus di bidang yang berbeda. Lantas, apa proyek-proyek tersebut?

1. Day 1 Fund

Pendiri Amazon, Jeff Besos.Reuters Pendiri Amazon, Jeff Besos.
Day 1 Fund adalah proyek penggalangan dana yang dirintis Bezos dan mantan istrinya, MacKenzie Scott pada 2018 lalu dengan investasi awal senilai 2 miliar dolar AS.

Baca juga: Jeff Bezos Resmi Tinggalkan Jabatan CEO Amazon

Proyek ini bertujuan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, seperti mereka yang tidak punya tempat tinggal (homeless) atau anak-anak yang tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. 

Nama "Day 1" sendiri diadopsi dari prinsip kerja Bezos yang ditanamkan di Amazon, yaitu selalu bekerja dengan pola pikir "Hari Pertama di Tempat Kerja".

Dengan begitu, seorang karyawan bisa bekerja dengan segala kemampuannya untuk mencapai apa yang diinginkan dan mendapatkan impresi bagus dari rekan sejawatnya.

2. Bezos Earth Fund

Jeff Bezos, Chie of AmazonKOMPAS.com/DESY KRISTI YANTI Jeff Bezos, Chie of Amazon
Bezos Earth Fund merupakan proyek penggalangan dana yang dirintis pada 2020 lalu untuk memerangi perubahan iklim (climate change).

Bezos sendiri adalah sosok yang disebut peduli akan keberlangsungan hidup lingkungan (environmental sustainability).

Ia rela mendonasikan 10 miliar dolar AS, atau kurang lebih dari 7,7 persen kekayaannya, agar inisiasi tersebut bisa tercapai.

Upaya menerapkan kehidupan ramah lingkungan juga diterapkan Bezos di Amazon. Amazon berharap bisa menjadi perusahaan yang bebas emisi karbon pada 2040 mendatang.

3. Blue Origin

Foto Jeff Bezos saat memantau uji coba roket New Shepard.BLUE ORIGIN/ZUMA PRESS via DW INDONESIA Foto Jeff Bezos saat memantau uji coba roket New Shepard.
Bezos mendirikan Blue Origin pada September 2000, sebagai perusahaan roket yang bertujuan untuk mengirim manusia ke luar angkasa menggunakan sistem peluncuran reusable rocket.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com