Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 11 Berhasil Diinstal di Smartphone, Begini Tampilannya

Kompas.com - 07/07/2021, 13:02 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Bagaimana jadinya jika Windows 11 yang baru saja diperkenalkan Microsoft, diinstal ke dalam sebuah ponsel?

Itulah yang dilakukan seorang mahasiswa asal Prancis bernama Gustave Monce. Ia bersama rekannya, Bingxing Wang dan mahasiswa lainnya berhasil memasang Windows 11 di sebuah ponsel. 

Ponsel yang digunakan adalah Lumia 950 XL, salah satu smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Dalam sebuah video di akun YouTube-nya, Monce memperlihatkan Windows 11 yang dapat berjalan dengna mulus di perangkat dengan layar 5,7 inci tersebut. 

Baca juga: Begini Tampilan Error di Windows 11, Bukan Lagi Blue Screen

"Semuanya benar-benar dimulai sejak 5 tahun yang lalu, ketika Windows 10 Mobile hampir usang. Kami sekarang adalah tim yang terdiri dari sekitar 15 orang dan kami telah membuat banyak kemajuan," kata Monce.

Menurut Monce, ia dan rekannya melakukan porting, merekayasa serta menulis ulang driver  mereka sendiri agar Windows 11 bisa berjalan di ponsel tersebut.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (7/7/2021), Monce mengaku bahwa ini merupakan salah satu pencapaian terbaru sejak dirinya menekuni hobi mengotak-atik smartphone selama lima tahun terakhir.

Tampilan Windows 11 yang diinstal di ponsel itu pun terbilang mirip dengan versi desktop. Jendela aplikasi bisa dibuka dengan ukuran yang lebih kecil (resize) untuk memudahkan multitasking.

Monce juga memamerkan saat ia membagi tampilan layar dengan memuat dua jendela aplikasi sekaligus. Meski demikian, kecepatan animasi gambar atau transisi antar menu Windows 11 tersebut masih belum terlalu mulus.

Tampilan Windows 11 di perangkat smartphoneyoutube/GustaveMonce Tampilan Windows 11 di perangkat smartphone
Saat beralih ke mode landscape, taskbar dan menu Start terlihat berada di sisi tengah, serupa tampilan Windows 11 desktop. Item seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya juga sama yaitu berada di sisi kanan taskbar.

Baca juga: Daftar Lengkap Tombol Shortcut di Windows 10

Sementara, saat mengubah tampilan ponsel ke mode potrait, menu Start akan bergeser ke pojok kiri.

Sebelumnya, Monce mengklaim bahwa dirinya adalah salah satu orang pertama yang berhasil menjalankan sistem operasi Windows 10 di ponsel Lumia 950s pada 2016 lalu.

Proyek bernama Lumia WOA Project yang dilakukan oleh Monce dan tim-nya tersebut kini ditulis dalam sebuah situs yang ulasannya bisa dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com