Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Mulai Tindak Tegas Pembocor Produk Barunya

Kompas.com - 13/07/2021, 18:12 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Slashgear

KOMPAS.com - Samsung mulai bertindak tegas kepada para pembocor informasi gadget terbaru buatannya.

Baru-baru ini, sebuah laporan menyebut bahwa Samsung mulai menerapkan penggunaan hak cipta untuk foto dan video produk yang belum dirilis. 

Informasi tersebut diungkap salah satu penulis di situs All About Samsung, Max Jambor. Menurut Jambor, pembocor akan mendapatkan teguran ketika mempublikasikan bocoran berupa render resmi atau aset tertentu.

Ia juga mengatakan bahwa teguran hak cipta tampaknya hanya akan ditujukan pada situs atau pihak yang membocorkan, bukan situs atau pihak lain yang kemudian meliput soal kebocoran tersebut.

Cara ini diharapkan akan bisa menekan kemungkinan kebocoran produk di dunia maya.

Baca juga: Review Samsung Galaxy M62 Setelah Sebulan, Baterai Juara Layar Lega

Adapun jenis konten yang dianggap merupakan bocoran yaitu render, situs yang mengunggah aneka bocoran informasi soal produk yang belum dirilis, hingga informasi spesifik lainnya.

Jika kedapatan telah membagikan sebuah bocoran, seorang yang membocorkan informasi tersebut kabarnya akan "dipaksa" untuk menghapus konten yang sudah diumbar sebelumnya.

Meski demikian, tidak disebutkan kriteria bocoran informasi lebih rinci seperti apa yang dianggap melanggar "Undang-Undang Hak Cipta" yang dimaksud.

Perlu diketahui, umumnya orang-orang yang bekerja di industri teknologi terutama bagi karyawan yang memiliki akses lebih dan bertanggung jawab atas beberapa perangkat yang belum dirilis ke publik, harus menandatangani surat NDA (Non Disclosure Agreement) yang dikeluarkan oleh perusahaan.

NDA adalah surat perjanjian antara dua pihak untuk menjaga kerahasiaan informasi tertentu agar tidak diketahui oleh pihak luar (pihak ketiga).

Baca juga: Apple Pakai Ponsel Samsung Galaxy S21 di Poster Iklan Terbaru

Beberapa perusahaan biasanya menerapkan perjanjian ini untuk membatasi dan melarang pegawainya untuk tidak mengekspos rahasia bisnis ke pihak lain.

Dengan adanya aturan ini, Samsung tampak lebih ketat menjaga kerahasiaan produknya. Kendati begitu, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari Samsung terkait "Undang-Undang Hak Cipta" yang dimaksud.

Sebelum Samsung, Apple sudah lebih dulu melakukan tindakan tegas terhadap para pembocor. Apple beberapa waktu lalu mengirim surat peringatan kepada blogger asal China, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, Selasa (13/7/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slashgear


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com