Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Wujud Nyata Calon Ponsel Terbaru Google, Pixel 6 XL

Kompas.com - 13/07/2021, 19:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Google kabarnya akan merilis Pixel 5a pada bulan Agustus mendatang. Tapi konon bukan hanya Pixel 5a saja yang konon akan diperkenalkan tahun ini.

Google juga disebut akan merilis duo Pixel 6 bulan Oktober mendatang. Meskipun masih beberapa bulan dari perkiraan peluncurannya, bocoran salah satu model Pixel 6 sudah beredar di internet.

Model tersebut adalah Pixel 6 XL yang muncul dalam sebuah foto. Foto tersebut menampilan sisi depan dan belakang sebuah ponsel yang diyakini adalah Google Pixel 6 XL.

Di bagian atas layar tampak ada sebuah punch hole yang memuat kamera selfie, sementara sisi-sisi bungkai terlihat tipis.

Baca juga: Google Pixel 5a Meluncur 11 Juni?

Di punggung perangkat dalam foto terdapat modul kamera yang tersusun secara horisontal. Ada tiga lensa kamera yang tersemat, di mana dua di antaranya berbentuk bulat dan satu lainnya berbentuk persegi panjang yang kemungkinan adalah kamera periskop.

Tidak tampak adanya panel pemindai sidik jari. Karena itu, ada kemungkinan komponen tersebut dibuat menyatu dengan layar (in-display), atau ditiadakan seperti halnya pada perangkat Pixel 4 terdahulu.

Bocoran sebuah ponsel yang diyakini sebagai Google Pixel 6 XL yang beredar di internet.Gizmo China Bocoran sebuah ponsel yang diyakini sebagai Google Pixel 6 XL yang beredar di internet.
Di sisi bawah punggung tertera brand "Google" dengan font khasnya, berikut nomor model "GR1YH".

Nomor model tersebut disinyalir merujuk pada ponsel baru Google Pixel yang diberi kode nama "Raven", yakni Pixel 6 XL. Selain Pixel 6 XL, kabarnya akan ada Pixel 6 dengan ukuran lebih kecil.

Baca juga: Google Rilis TWS Murah Pixel Buds A-Series

Selain itu, di bagian punggung terdapat keterangan "made in the US" (dibuat di Amerika Serikat). Secara umum, ponsel Pixel memang dirancang oleh Google, lalu dimanufaktur di China, untuk kemudian dipasarkan di AS.

Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Senin (13/7/2021), Google sendiri belum mengumumkan atau memberikan kisi-kisi soal

Awalnya ada perdebatan soal nama perangkat ini, apakah Pixel 6 XL atau Pixel 6 Pro. Belakangan diketahui Google sempat menyematkan nama "Pixel 6" dan "Pixel 6 XL"  dalam sebuah survei di Google Form untuk para pengembang game Android.

"Pixel 6 XL" pun kemungkinan bakal menjadi nama finalnya. Kemunculan Pixel 6 dan Pixel 6 XL dalam form survei kemungkinan tidak disengaja, sebab nama mereka sekarang sudah dihapus oleh Google.

Tangkapan layar sebutan Pixel 6 dan Pixel 6 XL di formulir Google yang ditujukan bagi para pengembang Android.9to5Google Tangkapan layar sebutan Pixel 6 dan Pixel 6 XL di formulir Google yang ditujukan bagi para pengembang Android.

Bocoran spesifikasi Google Pixel 6, pakai chip buatan sendiri

Sebelumnya, bocoran spesifikasi Google Pixel 6 sudah banyak beredar di ranah maya. Pixel 6 XL kabarnya akan dibekali layar 6,7 inci dengan panel P-OLED.

Di sisi depan terdapat kamera depan beresolusi 12 megapiksel (MP). Sementara di belakang, ada tiga sensor kamera yang masing-masing beresolusi 50 MP (kamera utama), 48 MP (telefoto), dan 12 MP (ultrawide).

Untuk dapur pacu, Google disebut akan menanamkan chip buatan sendiri. Google sempat dilaporkan bekerja sama dengan Samsung untuk membuat chip yang kinerjanya hampir menyamai chip Snapdragon 870 buatan Qualcomm.

Baca juga: Chip Ponsel Google Pixel 6, Bukan Snapdragon atau MediaTek

Chip yang masih belum diketahui namanya itu akan dipadu dengan kapasitas RAM 12 GB dan beberapa opsi memori internal, mulai dari 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Baterainya berkapasitas 5.000 mAh yang akan didukung pengisi daya cepat.

Pixel 6 series akan menjalankan sistem operasi teranyar Google, yakni Android 12. Perlu kesabaran untuk memastikan semua rumor di atas. Jika benar akan dirilis bulan Oktober,  masih ada sekitar tiga bulan tersisa untuk pembuktiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com