Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Freedom Phone, Ponsel Khusus Pendukung Donald Trump

Kompas.com - 20/07/2021, 14:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasca-kerusuhan di Gedung Parlemen AS Capitol di Washington DC pada 6 Januari lalu, Donald Trump telah dilarang berkoar-koar oleh sejumlah media sosial populer.

Alhasil, Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Snapchat memblokir akun media sosial Presiden ke-45 Amerika Serikat itu.

Tak hanya itu, Google dan Apple juga menghapus aplikasi media sosial Parler dari toko aplikasi, karena dinilai terlalu banyak memuat unggahan yang mendorong kekerasan dan perbuatan kriminal.

Parler sendiri digunakan oleh para konservatif dan ekstremis sayap kanan pendukung Trump.

Baca juga: Diblokir di Media Sosial, Donald Trump Bikin Blog Pribadi

Nah, beragam aksi pemblokiran akun Trump dan penghapusan aplikasi dari toko aplikasi ini akhirnya dimanfaatkan oleh seorang pria bernama Erik Finman (22) untuk membuat ponsel "bebas, tanpa sensor" yang menyasar pendukung Donald Trump.

Ponsel itu diberi nama "Freedom Phone". Melalui sebuah video pendek berdurasi 2 menit 37 detik, Finman memperkenalkan Freedom Phone yang diklaim telah dibekali dengan berbagai fitur privasi anti-pelacakan dan memiliki toko aplikasi tanpa sensor.

"Perusahaan penguasa teknologi raksasa (Big Tech) telah melanggar privasi Anda, menyensor percakapan Anda, dan saya pikir itu sangat salah. Itulah mengapa saya membuat Freedom Phone," kata Finman.

Menurut situs resmi Freedom Phone, ponsel ini sudah bisa dibeli seharga 499,99 dollar AS (sekitar Rp 7,2 juta) dan akan mulai dikirimkan pada Agustus mendatang.

Tak dijelaskan secara detail spesifikasi ponsel ini, tetapi Finman mengatakan, ponsel ini dibekali dengan layar 6 inci, prosesor cepat, dan beberapa kamera.

Mirip ponsel China

Secara desain, Freedom Phone ini mirip dengan ponsel buatan vendor China, bernama Umidigi A9 Pro yang dibanderol seharga 119 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta. Finman membenarkan bahwa dirinya bekerja sama dengan vendor Umidigi untuk memproduksi Freedom Phone ini.

Tampang ponsel Freedom Phone (kiri) dan Umidigi A9 Pro (kanan).PCMag Tampang ponsel Freedom Phone (kiri) dan Umidigi A9 Pro (kanan).

Bedanya, kali ini Finman mengaku telah mengembangkan sistem operasi mandiri "FreedomOS" dan toko aplikasi tanpa sensor "Patri App Store" untuk memberikan "kebebesan" pada pengguna.

Baca juga: Vendor Ponsel China Kuasai Lebih dari Separuh Pangsa Pasar Indonesia

Bila benar tanpa sensor, pendukung Trump bisa kembali mengunduh apikasi Parler yang sudah dihapus dari toko aplikasi iOS App Store dan Google Play Sore.

"Jika aplikasi yang Anda sukai telah dilarang dari toko aplikasi populer (App dan Google Play Store), Anda masih dapat mengunduhnya di toko aplikasi kami. Karena kami tidak melarang aplikasi," kata Finman.

Ia melanjutkan, sistem operasi FreedomOS juga telah didesain sedemikian rupa agar tidak dapat melacak aplikasi hingga lokasi pengguna.

"Kami juga memiliki 'Trust', penjaga privasi kami ini dirancang untuk memperingatkan Anda setiap kali aplikasi atau situs web melacak Anda, dan memberi Anda opsi untuk menghentikannya," kata Finman.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com