Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa Selama 11 Menit

Kompas.com - 21/07/2021, 08:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Pendiri Amazon, Jeff Bezos, sukses melakukan wisata singkat ke luar angkasa bersama roket buatan Blue Origin, New Shepard. Bezos berhasil melakukan lawatan selama 11 menit.

Dalam perjalanan tersebut, orang terkaya di dunia itu ditemani oleh saudaranya, Mark Bezos, seorang wanita pionir balap ruang angkasa, Wally Funk, dan seorang mahasiswa bernama Oliver Daemen yang berusia 18 tahun.

Mereka menumpangi kapsul Blue Origin yang memiliki beberapa jendela besar untuk melihat pemandangan bumi dari luar angkasa.

Roket New Shepard lepas landas pada Kamis (20/7/2021) pukul 09:12 waktu setempat atau sekitar pukul 20.00 WIB. New Shepard meluncur dari lokasi peluncuran pribadi yang berasa di dekat Van Horn, Texas.

"Hari terbaik yang pernah ada. Harapan saya tinggi dan hal itu secara dramatis terlampaui," kata Jeff saat selamat mendarat di bumi setelah mengangkasa 10 menit dan 10 detik.

Baca juga: Tiket Wisata Luar Angkasa Bersama Bos Amazon Jeff Bezos Terjual Rp 398 Miliar

Dua menit setelah penerbangan, kapsul terpisah dari roketnya dan lanjut mengangkasa menuju Garis Karman, batas ruang angkasa yang paling dikenal, letaknya sejauh 100 km di atas permukaan Bumi.

Dalam sebuah video yang merekam suasana dalam roket New Shepard, tampak wajah-wajah sumringah dari para penumpang. Mereka terlihat jungkir-balik karena kecilnya tarikan gravitasi.

Sesekali, mereka tampak melongok ke jendela, melihat pemandangan Bumi dari luar angkasa. Bezos mengaku cukup terkejut dengan sensasi mikro-gravitasi yang dirasakannya untuk pertama kali.

"Rasanya sangat normal," aku Bezos.

Kegembiraan juga dilontarkan Wally Funk yang mengaku ingin mengulang pengalaman tersebut.

"Itu adalah hal yang luar biasa, saya sangat menyukainya, saya tidak sabar untuk pergi lagi," kata Funk.

Dari kiri ke kanan: Mark Bezos, Jeff Bezos, Oliver Daemen, dan Wally Funk. Keempatnya sukses mengangkasa selama 11 menit dengan menumpang kapsul New Shepard yang dikembangkan perusahaan milik Bezos Blue Origin.BLUE ORIGIN via BBC Dari kiri ke kanan: Mark Bezos, Jeff Bezos, Oliver Daemen, dan Wally Funk. Keempatnya sukses mengangkasa selama 11 menit dengan menumpang kapsul New Shepard yang dikembangkan perusahaan milik Bezos Blue Origin.
Jeff Bezos memang berambisi membuka peluang wisata luar angkasa. Melalui perusahaannya, Blue Origin, Jeff merancang sebuah roket khusus bernama New Shepard.

Ambisi ini sempat mendapat kritik. Bezos dianggap buang-buang uang, di mana uang untuk proyek wisata ruang angkasa ini sejatinya bisa digunakan untuk membayar upah karyawan perusahaan-perusahaannya dan membantu melawan krisis perubahan iklim global.

Wisata luar angkasa juga disebut hanya memanjakan para orang super kaya dunia. Namun, Bezos mengatakan bahwa dirinya juga punya visi terhadap lingkungan yang tidak kalah ambisius.

Baca juga: Wisata Luar Angkasa Gratis lewat Google Chrome, Begini Caranya

"Kami perlu memindahkan semua industri berat, semua industri yang menghasilkan polusi ke luar angkasa, dan menjaga Bumi sebagai permata yang indah dari planet seperti sekarang ini," kata Bezos kepada MSNBC, sebagaimana KompasTekno rangkum dari BBC, Kamis (21/7/2021).

Bezos mengatakan, proyek ini akan memakan waktu yang sangat lama. Itu sebabnya, harus dimulai sesegera mungkin.

"Ini akan memakan waktu beberapa dekade dan dekade lagi untuk mencapainya, tetapi harus memulai, dan hal-hal besar dimulai dari langkah-langkah kecil, itulah yang memungkinkan misi pariwisata sub-orbital ini untuk kami lakukan, memungkinkan kami berlatih berulang kali," jelas Bezos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com