Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran iPhone SE 3, Meluncur Awal 2022?

Kompas.com - 24/07/2021, 13:23 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Rumor kehadiran iPhone SE generasi ketiga sudah berembus sejak awal 2021 ini. Yang terbaru, Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone versi murah itu pada awal 2022.

Setidaknya begitulah menurut seorang sumber dari dalam industri kepada DigiTimes. Apple pertama kali merilis iPhone SE pada Maret 2016. 

iPhone SE generasi pertama kala itu diposisikan sebagai iPhone "murah" untuk menggantikan iPhone 5S yang dirilis tiga tahun sebelumnya.

Sementara iPhone SE generasi ketiga ini diharapkan akan menjadi iPhone 5G "murah" di kelas entry-level.

Bocoran ini sejalan dengan prediksi Analis TF International Securities, Ming-Chi Kuo. Kou beberapa waktu lalu mengatakan iPhone SE 3 kemungkinan hadir pada paruh kedua 2021 ini atau awal 2022 nanti.

Baca juga: Bocoran Foto dan Spesifikasi iPhone SE Plus

Namun tampaknya, pada paruh kedua 2021 ini Apple akan fokus untuk peluncuran iPhone 13 series, yang konon akan diadakan pada September mendatang. Sehingga kemungkinan iPhone SE generasi ketiga akan meluncur pada awal 2022.

Sebagai informasi, Ming-Chi Kuo sendiri dikenal sebagai pembocor produk baru Apple yang kerap akurat.

Dalam laporan DigiTimes, sumber dalam industri tersebut juga mengatakan bahwa Apple sudah menciptakan lini bisnis baru bernama spesialis chip probing.

Chip probing sendiri dapat diartikan sebagai proses uji kualitas. Laporan DigiTimes mengatakan proses akan dilakukan oleh anak perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), Xintec.

Xintec sendiri dikenal sebagai mitra lama Apple. Anak perusahaan TSMC ini sempat bertanggung jawab atas proses pengujian kualitas, hingga memasok komponen untuk iPhone SE generasi pertama (2016) dan iPhone SE generasi kedua (2020).

Bocoran spesikasi

Sebelum rumor ini muncul, blog asal Jepang, Macotakara, lebih dulu memberikan bocoran spesifikasi iPhone SE 3, pada Januari lalu. Ponsel ini konon akan mengusung layar berbentang 5,5 inci atau 6,1 inci.

Selain itu, iPhone SE generasi 3 itu juga konon akan diotaki chipset A14 Bionic, layaknya lini iPhone 12. 

Baca juga: iPhone di Indonesia Banyak Dikeluhkan Hilang Sinyal

Ketika itu, Macotakara memprediksi bahwa iPhone SE 3 akan dirilis pada April 2021. Sayangnya, prediksi tersebut ini meleset, mengingat hingga kini, suksesor iPhone SE 2020 ini belum juga dirilis ke pasaran.

Rumor lain muncul dari CEO dari lembaga riset DisplaySearch, Ross Young menyebutkan bahwa iPhone SE 3 akan mendukung konektivitas jaringan 5G Sub-6 GHz dan mengusung panel LCD di tahun 2022, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Sabtu (24/7/2021). 

Tentu, karena masih berupa rumor, beragam informasi yang diutarakan di atas belum bisa dipastikan kebenarannya. Apple pun masih bungkam soal kehadiran iPhone SE generasi berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com