Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Sebar Foto Pakai AirDrop di Pesawat, Seluruh Penumpang Dievakuasi

Kompas.com - 25/07/2021, 07:58 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Penumpang pesawat United Airlines nomor penerbangan UA2167 rute San Fransisco-Orlando Amerika Serikat harus dievakuasi dari pesawat pada Kamis (22/7/2021) lalu, setelah adanya penyebaran foto melalui fitur AirDrop Apple.

Kejadian AirDropping ini bermula saat seorang staf penerbangan menerima aduan dari sejumlah penumpang saat baru memasuki pesawat, bahwa mereka mendapati kiriman foto "berbahaya" dari orang yang tak dikenal.

Menurut juru bicara bandara San Francisco International Airport (SFO), Doug Yakel, foto yang dibagikan ke seluruh penumpang pesawat itu menampilkan sebuah senjata airsoft gun.

Baca juga: AirDrop, Jembatan Antara iOS dan OS X

Karena dianggap sebagai ancaman berbahaya, kru pesawat kemudian mengevakuasi seluruh penumpang penerbangan UA2167, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil penyelidikan, pihak bandara akhirnya berhasil menemukan pelaku yang membagikan foto senjata itu melalui fitur AirDrop ke perangkat Apple seluruh penumpang. Pelaku AirDropping itu diketahui seorang remaja laki-laki.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmodo, Minggu (25/7/2021), remaja itu bisa diidentifikasi lantaran lupa mengganti setting nama AirDrop di iPhone miliknya, sehingga identitasnya dapat dikenali secara cepat.

Baca juga: iPhone Jatuh dari Pesawat dan Selamat, Kamera Video Terus Merekam

Sebagai informasi, AirDrop adalah fitur yang tersedia di perangkat Apple untuk mengirim file dengan menggunakan kombinasi Wi-Fi dan Bluetooth. Lewat fitur ini, pengguna Apple bisa saling bertukar file dengan lebih cepat.

Pengguna sejatinya dapat membatasi siapa saja yang bisa mengirimkan file kepada mereka. Namun, sebagian orang ada juga yang membiarkan fitur AirDop mereka terbuka untuk menerima file dari siapa saja, bahkan dari orang yang tidak dikenal sekalipun.

Sebelum kasus AirDropping ini terjadi, pesawat United Airlines dengan nomor penerbangan UA2167 sendri sudah tertunda keberangkatannya (delay).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com