Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cepat Membersihkan Memori Internal HP Android

Kompas.com - 27/07/2021, 08:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah Anda merasa ponsel Android mulai lelet saat dioperasikan? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan ponsel Android lambat bekerja. Salah satunya bisa jadi karena kapasitas memori penyimpanan yang sudah penuh.

Semakin lama, ponsel akan dijejali berbagai macam file dan aplikasi.

Namun, menghapus beberapa file atau aplikasi agar ruang memori lebih lega cukup memakan waktu. Belum lagi memilah mana yang masih dibutuhkan dan mana yang harus dihapus.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan memori penyimpanan internal handphone (HP) Android, yakni menghapus data cache (tembolok).

Baca juga: Menyimak Perang Saudara Xiaomi di Indonesia, Jawara 5G vs Pembunuh 5G

Apa itu data cache?

Data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan.

Semakin sering digunakan, data cache akan semakin menumpuk. Misalnya saja ketika membuka situs di peramban, sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache.

Aplikasi yang memakan ruang penyimpanan yang cukup besar, seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan marketplace, ukurannya bisa mencapai ratusan megabyte.

Dengan menyimpannya sementara, sistem tidak harus mengunduh gambar yang sudah pernah dibuka sebelumnya. Sehingga, bisa lebih cepat membuka situs yang diinginkan dan tidak mengonsumsi banyak kuota data.

Baca juga: Jangan Langsung Ganti HP Jika Lemot, 11 Cara Ini Bisa Mempercepat Ponsel Android Anda

Menghapus data cache aman dilakukan karena tidak akan menghapus data aplikasi, seperti data login, game yang tersimpan, dan sebagainya.

Berikut langkah-langkah menghapus data cache untuk membersihkan memori internal:

  1. Buka pengaturan
  2. Battery and Device Care
  3. Storage
  4. Pilih icon tiga titik di kanan atas layar, kemudian pilih Advance
  5. Other Apps
  6. Pilih aplikasi yang sering digunakan
  7. Setelah aplikasi dibuka, akan terlihat jumlah data yang digunakan, pilih opsi "clear cache" yang ada di kanan bawah.

Cara menghapus data cache di ponsel AndroidKompas.com Cara menghapus data cache di ponsel Android

Perlu diingat, karena antarmuka setiap merek ponsel Android berbeda, kemungkinan langkahnya agak sedikit berbeda. Namun, langkah dasarnya sama.

Dalam menulis artikel ini, KompasTekno menggunakan Galaxy S21 Ultra yang menjalankan sistem operasi Android 11 dan One UI 3.1.

Untuk ponsel model lain, pengguna juga bisa langsung mencari opsi "storage" setelah membuka menu pengaturan. Kemudian, lanjutkan langkah keempat hingga akhir seperti di atas. Selamat mencoba....

Baca juga: RAM atau Chipset, Mana yang Lebih Penting Saat Memilih Smartphone?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com