Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 13 Akan Diberi Nama Tiramisu?

Kompas.com - 28/07/2021, 11:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google dikabarkan akan menggunakan nama Tiramisu untuk sistem operasi Android 13 yang akan segera diluncurkan. Nama Tiramisu muncul di situs pengulas kode untuk Android, Gerrit.

Di situs tersebut, terdapat keterangan bahwa kode nama versi platform tersebut diperbarui dari T menjadi Tiramisu.

Tiramisu adalah kue manis asal Italia dengan cita rasa kopi. Makanan ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup (dessert) dan umum dijumpai di restoran Italia di seluruh dunia.

Baca juga: Google Tetapkan Android 11 Tanpa Nama Makanan Lagi?

Meski demikian, nama Tiramisu untuk Android 13 kemungkinan hanya akan dipakai oleh kalangan internal Google saja, tidak diumumkan ke publik atau dicantumkan di perangkat Android.

Seperti diketahui, Google telah menghentikan tradisi penamaan versi Android dengan nama-nama makanan/camilan manis, sejak versi Android 10 ke atas.

Namun, Google masih tetap menggunakan nama kode camilan manis tersebut di kalangan internal, seperti Android 10 Quince Tart, Android 11 Red Velvet Cake, dan Android 12 Snow Cone.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan Memori Internal HP Android

Banyak fans Android yang menyayangkan keputusan Google yang tak lagi menggunakan nama makanan untuk penyebutan OS-nya itu. Google beralasan sistem penamaan ini lebih sulit dipahami oleh masyarakat global, sehingga menggantinya dengan nomor/angka saja.

Meski demikian, hingga kini belum diketahui kapan Google akan merilis Android 13 dan apa saja fitur-fitur yang akan dibawa.

Namun baru-baru ini Google merilis Android 12 Beta 3.1. Update ini memperbaiki masalah boot loop di sebagian pengguna ponsel dengan memori rendah, menyebabkan perangkat terus-menerus mogok dan reboot.

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan nama sandi yang diberikan Google untuk setiap generasi OS Android, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Rabu (28/7/2021).

Android 1.5 - Cupcake
Android 1.6 - Donut
Android 2.0: - Eclair
Android 2.2 - Froyo
Android 2.3 - Gingerbread
Android 3.0 - Honeycomb
Android 4.0 - Ice Cream Sandwich
Android 4.1 - Jelly Bean
Android 4.4 - KitKat
Android 5.0 - Lollipop
Android 6.0 - Marshmallow
Android 7.0 - Nougat
Android 8.0 - Oreo
Android 9 - Pie
Android 10 - Quince Tart
Android 11 - Red Velvet Cake
Android 12 - Snow Cone
Android 13 - Tiramisu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com