Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android Ini Tak Bisa Login Gmail, YouTube, dkk Setelah 27 September

Kompas.com - 02/08/2021, 09:12 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 91Mobiles

KOMPAS.com - Google memaksa pemilik ponsel dengan sistem operasi (OS) Android lawas untuk meng-upgrade ponselnya. Hal ini setidaknya terlihat dari e-mail yang dikirimkan ke pengguna yang masih menjalankan OS Android jadul, baru-baru ini.

Outlet media 91mobiles melaporkan, dalam e-mail tersebut, Google mengumumkan bahwa, ponsel Android versi 2.3.7 atau yang lebih lawas, tidak akan lagi didukung untuk melakukan proses login ke akun Google, mulai Jumat 27 September.

"Untuk tetap bisa menggunakan aplikasi Google di ponsel ini (Android lawas), update ponsel ke Android versi 3.0 Honeycomb, atau lebih baru," tulis Google dalam e-mail perusahaan, baru-baru ini.

Baca juga: Ponsel Android Lawas Tidak Bisa Buka Website Aman Tahun Depan

E-mail Google terkait kebijakan perusahaan soal ponsel dengan Android lawas.91mobiles E-mail Google terkait kebijakan perusahaan soal ponsel dengan Android lawas.
Adapun pengguna Android yang terdampak dengan kebijakan Google ini di antaranya adalah pemilik ponsel yang masih menjalankan OS Android versi:

  • 1.0, 1.1, 1.5 Cupcake
  • 1.6 Donut
  • 2.0 Eclair
  • 2.2 Froyo
  • 2.3 Gingerbread

Karena tak bisa login/sign in ke akun Google, artinya pengguna Android yang terdampak juga tak bisa lagi login ke aplikasi Gmail, YouTube, Drive, Maps, dan Google Play Store, setelah 27 September.

Tujuan Google

Langkah penghentian dukungan sign in pada Android lawas ini dilakukan Google dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan pengguna.

Menurut halaman dukungan Google, pengguna juga akan disodori notifikasi "username or password error" ketika mencoba melakukan beberapa hal di ponselnya.

Baca juga: Google Ganti File APK Android Jadi AAB, Apa Pengaruhnya untuk Pengguna?

Misalnya menambahkan atau membuat akun Google, melakukan factory reset dan mencoba sign in ke akun Google lagi, atau ketika mengubah password akun Google.

Meski demikian, menurut Google, pengguna Android lawas masih bisa menggunakan layanan Google seperti Search, Drive, dan Gmail melalui borwser web bawaan ponsel Android, atau browser web lain.

Untuk diketahui, pada sistem operasi Android lawas, browser web bawaan ponsel saat itu belum Google Chrome buatan Google.

Dihimpun KompasTekno dari 91mobiles, Senin (2/8/2021), kebijakan Google soal Android lawas ini agaknya hanya akan berdampak pada sebagian kecil pengguna.

Mengingat, Android versi 2.3.7 Gingerbread sendiri pertama kali dirilis lebih dari satu dekade yang lalu, atau tepatnya pada 2010. Dan pada 2021 ini, Google sendiri sudah merilis versi beta dari Android 12.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com