Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mematikan Tanda "Read" di WhatsApp, Facebook Messenger, dan iMessage

Kompas.com - 02/08/2021, 20:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp, Facebook Messenger, dan iMessage merupakan sebagian dari banyak aplikasi perpesanan instan yang sering digunakan pengguna untuk berkomunikasi.

Aplikasi perpesanan instan ini menawarkan sejumlah fitur yang absen pada SMS konvensional, salah satunya ialah fitur keterbacaan atau sering disebut sebagai read receipt.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui, apakah pesan yang dikirimnya sudah dibaca oleh orang yang dituju atau belum.

Bagi sebagian pengguna, fitur berguna sebagaimana mestinya. Namun ada sebagian pengguna lainnya yang memilih untuk menonaktifkan fitur read-receipt ini. Tujuannya tentu supaya orang yang mengiriminya pesan tidak mengetahui, apakah pesannya sudah dibaca/belum atau sedang diabaikan.

Baca juga: WhatsApp Resmi Bisa Dipakai di 4 Perangkat Bersamaan, Ponsel WA Tidak Harus Online

Nah, masing-masing aplikasi perpesanan memang menyediakan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur read receipt ini. Berikut KompasTekno rangkumkan cara matikan fitur read di WhatsApp, Facebook Messenger, dan iMessage.

Cara mematikan tanda read di WhatsApp

Di WhatsApp, fitur read receipt ini diwakili dengan tanda dua centang biru. Jadi apabila pengguna mengirim pesan ke orang lain dan melihat tanda dua centang biru, itu artinya pesan sudah dibaca.

Secara default, WhatsApp mengaktifkan fitur read receipt ini di akun pengguna. Namun, pengguna bisa dengan mudah untuk menonaktifkannya. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik titik tiga veritikal di sudut kanan atas layar
  • Pilih Settings > Account > Privacy
  • Pada opsi "read receipt", geser tombol toggle ke arah off.

Geser tombol toggle ke arah off (berwarna abu-abu) untuk mematikan fitur read receipt di WhatsApp.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Geser tombol toggle ke arah off (berwarna abu-abu) untuk mematikan fitur read receipt di WhatsApp.

Denga begitu, tanda dua centang birus di WhatsApp sudah dimatikan. Dengan begitu, orang yang mengirim pesan tidak akan tahu apakah pesannya sudah dibaca atau belum oleh si penerima pesan.

Perlu dicatat, pegaturan fitur read receipt ini berlaku pada semua chat di WhatsApp dan bersifat dua arah. Artinya, bila Anda menonaktifkan read receipt di WhatsApp miliknya, maka Anda juga tidak bisa melihat apakah pesannya sudah dibaca atau belum oleh si penerima pesan.

Baca juga: Cara Setop Terima Pesan WhatsApp di Android, Tanpa Matikan Internet dan Hapus Aplikasi

Cara mematikan tanda read di iMessage

Aplikasi perpesanan instan bawaan iPhone, iMessage, juga memiliki fitur send read receipt yang fungsinya serupa dengan WhatsApp, yaitu untuk memperlihatkan suatu pesan sudah dibaca atau belum.

Di iMessage, fitur ini diwakili dengan status "read" diikuti dengan keterangan waktu saat penerima membaca pesan tersebut.

Namun ada satu hal yang membedakan dengan WhatsApp, pengguna iMessage ternyata bisa mematikan fitur send read receipt pada chat tertentu saja. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Bila ingin menonaktifkan fitur read untuk semua chat, buka Settings > Messages > geser toggle "send read receipt" ke arah off
  • Bila ingin menonaktifkan fitur read di chat tertentu, buka aplikasi iMessage > pilih chat yang diinginkan > klik foto profil pengguna > klik info > geser tombol "send read receipt" ke arah off.

Baca juga: Membandingkan Keamanan WhatsApp dan iMessage yang Ditakuti Zuckerberg

Cara mematikan fitur read di Facebook Messenger

Di Facebook Messenger, sebenarnya tidak ada fitur khusus read receipt seperti WhatsApp dan iMessage.

Meski demikian, pengguna lain ternyata bisa melihat kapan seseorang sedang online di Facebook Messenger, melalui fitur "Active Status".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com