Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pixel 6 dan Pixel 6 Pro Meluncur, Usung Chip Tensor Buatan Google

Kompas.com - 03/08/2021, 07:26 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah didahului dengan beragam rumor, Google akhirnya resmi mengumumkan kehadiran ponsel terbaru garapan perusahaan, yaitu Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Alih-alih diotaki chipset Snapdragon dari Qualcomm seperti lini Pixel sebelumnya, duo ponsel Pixel 6 series ini bakal diotaki oleh chipset (SoC) besutan Google sendiri, bernama Google Tensor.

Kabar kehadiran lini Pixel 6 series ini juga sudah diumumkan oleh perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California itu melalui laman Instagram resmi perusahaan.

Baca juga: Ponsel Android Ini Tak Bisa Login Gmail, YouTube, dkk Setelah 27 September

"Perkenalkan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, ponsel Google yang sepenuhnya didesain ulang. Ditengai oleh chip smartphone custom dari Google, Google Tensor," tulis Google, Selasa (3/8/2021).

Duo ponsel Pixel anyar ini diklaim merupakan smartphone Pixel tercepat, terpintar, dan paling aman.

Google mengumumkan, kedua ponsel Pixel anyar itu akan mulai tersedia mulai musim gugur tahun ini, atau sekitar bulan September hingga Desember 2021.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Google (@google)

Dalam posting tersebut, Google turut menyertakan gambar punggung dari duo ponsel Pixel 6 series yang mengusung warna abu-abu, merah muda, putih, dan oranye.

Pixel 6 series ini terlihat memiliki modul kamera berbentuk persegi panjang, yang membentang secara horizontal dari ujung ke ujung di sisi atas punggung ponsel.

Bocoran spesifikasi

Google tak banyak mengungkap spesifikasi Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Kendati demikian, The Verge melaporkan sempat hadir dan melihat prototipe dari dua ponsel ini, dan menyebutkan bahwa Pixel 6 reguler mengusung layar seluas 6,7 inci dengan desain curved.

Baca juga: Mobil yang Ditumpangi Masuk Jurang, Pria Ini Selamat Berkat Ponsel Google Pixel

Layar tersebut beresolusi QHD Plus dengan refresh rate 120 Hz. Di sektor fotografi, Google kabarnya membekali Pixel 6 Pro dengan tiga kamera belakang.

Meski tak disebutkan secara spesifik resolusi kamera yang digunakan, Pixel 6 Pro akan memiliki konfigurasi kamera yang terdiri dari kamera utama wide, kamera ultrawide, dan kamera telefoto dengan zoom optik 4x.

Sementara untuk spesifikasi Pixel 6 "reguler", ponsel ini disebutkan memiliki layar yang sedikit lebih kecil dari saudaranya, yaitu seluas 6,4 inci.

Layar tersebut beresolusi Full HD Plus, dengan refresh rate 90 Hz. Layar Pixel 6 "reguler" ini juga tidak mengusung desain curved seperti Pixel 6 Pro.

Satu-satunya spesifikasi yang sudah dikonfirmasi oleh Google ialah bahwa keduanya bakal diotaki chipset Google Tensor, besutan perusahaan sendiri.

Baik Pixel 6 maupun Pixel 6 Pro juga akan disertai chip keamanan Titan M2 dan pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint).

Baca juga: Fitur Eksklusif Pixel Sudah Bisa Dijajal di Semua Android, Begini Caranya

Kendati demikian, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro bakal memiliki perbedaan kapasitas memori dan pilihan warna yang berbeda.

Kepala Hardware Google, Rick Osterloh mengatakan, lini Pixel besutan perusahaan tak masuk dalam kelas flagship selama beberapa tahun terakhir ini. Dengan Pixel 6 series, kata Osterloh, hal ini akan berbeda.

Ia juga mengatakan, duo ponsel Pixel 6 series ini bakal menjadi ponsel dengan harga premium.

Meski tak disebutkan secara gamblang, ponsel Pixel 6 series itu diestimasikan bakal dibanderol dengan harga di sekitar harga 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 14,4 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (3/8/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com