Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Google Jual Saham Total Rp 15 Triliun

Kompas.com - 03/08/2021, 12:32 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Dua pendiri Google sekaligus pemegang saham pengendali di Alphabet, Larry Page dan Sergey Brin, menjual sekitar 1.07 miliar dollar AS saham gabungan (sekitar Rp 15,4 triliun) sejak Mei 2021.

Angka tersebut merupakan yang terbesar sejak Larry Page dan Sergey Brin terakhir kali menjual saham mereka pada 2017 lalu.

Berdasarkan laporan pengajuan Google kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (Securities and Exchange Commission/SEC) yang dihimpun oleh OpenInsider, tercatat sejak Mei lalu keduanya mulai menjual saham Kelas A (Class A) dan Kelas C (Class C).

Adapun total penjualan saham yang dilakukan oleh Brin tercatat lebih dari 610 juta dollar AS (sekitar Rp 8,8 triliun). Sementara, penjualan saham oleh Page, mencapai lebih dari 462 juta dollar AS (sekitar Rp 6,6 triliun).

Baca juga: Google Tangguhkan YouTube Media Australia Selama 7 Hari

Saat ini kinerja saham Alphabet dilaporkan masih positif. Saham Alphabet Kelas A disebut naik lebih dari 50 persen pada tahun ini, melampaui saham Nasdaq Composite dan saham raksasa teknologi lainnya seperti Amazon dan Apple.

Pada awal tahun ini, Google sendiri tercatat meraup pendapatan sebesar 56,9 miliar dolar AS (sekitar Rp 797,8 triliun) dan nilai saham 22,30 dollar AS (sekitar Rp 312.600) per lembar.

Total pendapatan Google tumbuh 23,5 persen pada kuartal IV-2020, dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Pendorong utamanya adalah layanan YouTube dan Google Search.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (3/8/2021), Larry Page dan Sergey Brin melepaskan jabatan mereka sebagai CEO dan presiden di perusahaan induk Google, Alphabet pada 2019 lalu.

Harta kekayaan Larry Page per 31 Juli 2021 ini mencapai 115.2 miliar dollar AS atau Rp 1,66 kuadriliun. Sementara kekayaan Sergey Brin per 31 Juli 2021, mencapai 111.5 miliar dollar AS atau Rp 1,61 kuadriliun.

Baca juga: Tak Pakai Server Lokal, Google Didenda Rp 600 Juta di Rusia

Kedua masuk dalam klub eksklusif, yakni "100 billion dollar club", atau kelompok orang-orang dengan nilai kekayaan lebih dari 100 miliar dollar AS.

Page dan Brin dikenal sebagai duo pendiri yang sukses menakhodai Google lebih dari 20 tahun.

Setelah restrukturisasi pada 2015, keduanya pindah ke Alphabet, sementara pimpinan Google dipercayakan ke Sundar Pichai. Kini, Pichai menjabat sebagai CEO Google sekaligus Alphabet.

Meski telah menanggalkan jabatan tinggi mereka, keduanya masih menjadi anggota dewan di Alphabet dan masih memegang saham mayoritas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com