Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecah Rekor Lagi, Game Super Mario Bros Laku Lebih dari Rp 28 Miliar

Kompas.com - 09/08/2021, 08:10 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Polygon

KOMPAS.com - Seri Super Mario Bros belakangan langganan memuncaki daftar game termahal di dunia.  Bulan lalu, misalya, "kaset" game Super Mario 64 berhasil dilepas dengan harga mencapai 1,56 juta dollar AS (sekitar Rp 22,6 miliar).

Kini, sebuah kaset game Super Mario Bros. orisinal untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES) yang dirilis pada 1985 dilaporkan kembali memecahkan rekor dengan terjual seharga 2 juta dolar AS (sekitar Rp 28,7 miliar).

Namun, alih-alih dijual dengan sistem lelang seperti aneka game lawas pada umumnya, game ini dibeli oleh seorang kolektor misterius melalui Rally, sebuah situs yang menyulap berbagai barang koleksi menjadi aset yang bisa dimiliki siapa saja melalui investasi.

Baca juga: Nintendo dan Tag Heuer Bikin Jam Tangan Super Mario

Seseorang, misalnya, bisa membeli sejumlah saham dari barang antik yang mereka inginkan di sana. Nantinya, orang yang ingin membeli atau "mengakuisisi" barang koleksi tersebut harus mendapatkan persetujuan dari para investor.

Penjualan kaset game Super Mario Bros. bernilai 2 juta dolar AS tadi pun diklaim sudah disepakati para investor dan konon mereka mendapatkan untung sekitar 900 persen dari setiap saham yang dimiliki.

Rally sendiri membeli game tersebut dengan harga 140.000 dolar AS (Rp 2 miliar) pada April 2020 lalu. Sehingga, wajar saja apabila para investor yang sempat membeli saham game ini di sana mendapatkan keuntungan tinggi.

Baca juga: Ini Alasan Tokoh Game Mario Bros Berprofesi sebagai Tukang Ledeng

Kaset game ini dibanderol dengan harga selangit karena disebut masih disegel dan memiliki kondisi yang sempurna dengan kotak kemasan versi edisi terbatas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Polygon, Senin (9/8/2021).

Dalam setahun terakhir, rekor game termahal sendiri terus terpecahkan, sehingga bukan tidak mungkin predikat tersebut akan kembali diambil alih oleh game lainnya dalam waktu dekat.

Sebelumnya, rekor game termahal sempat dipegang oleh The Legend of Zelda yang laku 870.000 dolar AS (sekitar Rp 12,4 miliar) pada Juli 2021, dan Super Mario Bros. dengan harga 660.000 dolar AS (sekitar Rp 9,4 miliar) pada April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Polygon


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com