Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Punya Kendali Gestur Baru, Bisa Lompati "Chapter" dalam Video

Kompas.com - 11/08/2021, 09:58 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube memiliki fitur kendali gestur baru. Kendali gestur teranyar ini dapat digunakan penonton YouTube untuk melompati chapter dalam sebuah video.

Sebagai informasi, video chapters dalam YouTube memungkinkan pengguna menonton bagian-bagian tertentu dari konten video panjang tanpa harus kesulitan mencarinya. 

Fitur kendali gestur baru ini dapat digunakan dengan mengetuk layar menggunakan dua jari secara bersamaan. Gestur ini bisa digunakan di sisi kanan layar ponsel untuk lompat ke chapter berikutnya.

Sebaliknya, apabila pengguna mengetuk sisi kiri layar ponsel, maka video akan kembali memutar cuplikan di chapter sebelumnya.

Cara penggunaan kendali gestur ini mirip dengan cara untuk mempercepat video YouTube dengan interval 10 detik. Bedanya, untuk melompati chapter ini pengguna harus mengetuk dengan dua jari bersamaan.

Baca juga: Cara Download Video YouTube di Ponsel untuk Menghemat Kuota Data

Kehadiran fitur ini dinilai dapat memudahkan pengguna yang hendak menyaksikan inti dari sebuah video. Meski demikian, fitur ini hanya berlaku pada video yang memiliki chapters.

Video Chapters sendiri dapat diaktifkan oleh kreator video dengan mencantumkan timestamps (penanda waktu) di deskripsi video.

Timestamps ini nantinya akan tampil dalam wujud garis patah-patah dan dapat ditemukan di bagian bawah video.

Tangkapan layar fitur chapter di YouTube.YouTube/Logetch G Tangkapan layar fitur chapter di YouTube.
Apabila video tidak dilengkapi dengan video chapter, maka fitur kendali gestur baru ini tidak dapat digunakan sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Rabu (11/8/2021).

Pantauan KompasTekno, fitur gestur anyar ini bisa sudah bisa digunakan di aplikasi YouTube untuk perangkat Android. 

Baca juga: Cara Mematikan Autoplay Video di YouTube, Facebook, Instagram, dan Twitter

Pengguna Reddit dengan handle u/FragmentedChicken, juga mengatakan bahwa YouTube sedang melakukan uji coba terhadap sebuah fitur gestur lainnya. Fitur ini berfungsi untuk mengatur progress bar yang terdapat pada video.

Pengguna hanya perlu menahan layar video secara sembarang dengan satu jari dan seret layar ke kiri atau ke kanan untuk menyesuaikan progess bar ke waktu yang diinginkan.

Fitur ini sebenarnya bukan barang baru karena YouTube sudah terlebih dahulu meluncurkan fitur yang serupa. Bedanya, pengguna harus menggeser progress bar secara langsung untuk menyesuaikan waktu yang ada di video.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com