Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, WhatsApp Web dan Desktop Bisa Edit Gambar Sebelum Dikirim

Kompas.com - 13/08/2021, 09:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, WhatsApp akhirnya menggulirkan fitur editing gambar serta foto untuk pengguna WhatsApp versi web dan aplikasi desktop.

Dengan adanya fitur baru ini, sekarang pengguna WhatsApp web dan desktop bisa memotong (crop), hingga menambahkan coretan atau tulisan di gambar sebelum dikirimkan kepada orang yang dituju.

Baca juga: Cara Setop Terima Pesan WhatsApp di Android, Tanpa Matikan Internet dan Hapus Aplikasi

Tampilan lama jendela kirim foto di WhatsApp web dan desktop. Hanya bisa menambahkan caption dan emoji saja.Android Police Tampilan lama jendela kirim foto di WhatsApp web dan desktop. Hanya bisa menambahkan caption dan emoji saja.
Sebelumnya, pengguna hanya bisa menyertakan caption dan emoji saja apabila ingin mengirim foto melalui WhatsApp desktop dan web.

Menurut pantauan KompasTekno, Jumat (13/8/2021), fitur baru editing gambar ini sudah tersedia di WhatsApp desktop dan web versi 2.2130.9.

Pengguna pasti sudah akrab dengan fitur editing gambar dari WhatsApp karena memang sudah hadir lebih dulu di aplikasi WhatsApp versi mobile sejak 2016.

Baru setelah lima tahun berselang, WhatsApp akhirnya menyertakan fitur editing foto ini ke WhatsApp web dan desktop.

Baca juga: Fitur Transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android Hadir Perdana di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Seperti di WhatsApp mobile, fitur editing foto di WhatsApp web dan desktop juga bisa digunakan untuk memangkas (crop) foto, bisa pula untuk menambahkan teks, emoji, stiker, dan gambar doodle.

Saat menambahkan teks, pengguna diberikan lima opsi font (Sans Serif, Serif, Norican, Brydan Write, Oswald) dan tiga pilihan tata letak teks (rata kiri, tengah, dan kanan). Warna teks pun bisa diganti sesuka hati.

Bisa tambah background untuk teks

Tampilan baru jendela kirim foto di WhatsApp desktop dan web. Ada tools editing foto, seperti di WhatsApp mobile.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan baru jendela kirim foto di WhatsApp desktop dan web. Ada tools editing foto, seperti di WhatsApp mobile.
Yang menarik, di WhatsApp  desktop dan web, pengguna juga bisa  menyertakan background berwarna untuk teks.

Background teks ini nantinya akan menyesuaikan dengan warna font yang dipilih oleh pengguna. Dengan begitu, teks bisa terlihat lebih mencolok. Fitur background teks tidak ditemukan pada WhatsApp versi mobile.

Baca juga: Apa Itu PM, PC, VC, VN, dan TC yang Sering Dipakai di Obrolan WhatsApp?

Fitur lain yang tak disertakan pada WhatsApp mobile adalah redo, atau mengembalikan hasil editing yang sudah di-undo. Di versi web dan desktop, WhatsApp menyertakan fungsi redo dan undo.

Jadi, pengguna bisa membatalkan hasil edit (undo) dan mengembalikan penyuntingan yang sudah dibatalkan sebelumnya (redo) dengan mudah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com