Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 Bisa Pakai 5G di Indonesia, Samsung?

Kompas.com - 13/08/2021, 11:06 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung baru saja merilis dua ponsel lipat Galaxy Z Fold 3 5G dan Galaxy Z Flip 3 5G pada Rabu (11/8/2021) malam waktu Indonesia. Dengan adanya embel-embel 5G, dua ponsel ini mendukung konektivitas jaringan generasi kelima itu.

Dua ponsel lipat ini juga dijanjikan akan mendapatkan sinyal 5G di Indonesia, kapan tepatnya?

Product Marketing Manager Samsung Mobile Verry Octavianus mengungkapkan, saat ini pihaknya masih dalam tahap kerja sama dengan operator seluler, agar duo ponsel lipat ini bisa menikmati sinyal 5G di Indonesia.

"Diharapkan akhir tahun atau kuartal ketiga 2021. Begitu sudah resmi dan trial-nya sudah maksimal, nanti kita akan umumkan sinyal 5G tersebut," kata Verry.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy Z Fold 3, Tahan Air dan Mendukung Stylus S-Pen

Ia menambahkan, pengguna juga nantinya tak perlu khawatir untuk melakukan buka kunci (unlock) agar bisa menikmati sinyal 5G di Tanah Air melalui Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

"Nanti akan ada software update," kata Verry.

Meski sudah menjanjikan akan dapat sinyal 5G, Verry tidak mengungkapkan pita frekuensi berapa saja yang didukung kedua ponsel 5G ini di Indonesia.

Halaman resmi Samsung pun tidak menampilkan informasi tersebut. Perlu diketahui, untuk bisa menikmati layanan 5G di Indonesia, ponsel setidaknya harus sudah mendukung band n3 (1.800 MHz) dan n40 (2,3 GHz).

Ini mengingat, di Indonesia, baru ada dua operator seluler yang menyediakan layanan 5G, yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 3 Resmi, Layar Mini Lebih Lebar dan Tahan Air

Layanan 5G dari Telkomsel digelar menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz atau band n40. Sementara layanan 5G Indosat digelar di pita frekuensi 1.800 MHz atau n3.

Yang jelas, kata Verry, ponsel flagship Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 sudah diotaki dengan chipset Snapdragon 888 (5nm) yang mendukung konektivitas 5G. Pengaktifan sinyal 5G pada dua ponsel itu hanya tinggal menunggu waktu saja.

"Untuk waktunya kapan, akan ada infonya lebih lanjut," tambah Taufiq Furqan selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, dalam acara yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com