Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Luas, Ini 4 Fungsi Layar Mini pada Samsung Galaxy Z Flip 3

Kompas.com - 17/08/2021, 10:11 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terhitung sudah kurang lebih satu setengah tahun sejak kemunculan ponsel lipat bergaya clamshell pertama dari Samsung, yaitu Galaxy Z Flip.

Samsung akhirnya merilis penerus ponsel lipat bergaya clamshell itu, bernama Galaxy Z Flip 3 5G pada 11 Agustus lalu.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy Z Flip 3 dibekali dengan sejumlah peningkatan. Salah satu yang paling kentara ialah desain layar sekunder alias Cover Screen di punggung ponsel yang semakin luas.

Dalam keadaan terlipat, pengguna bisa langsung melihat Cover Screen dengan panel Super AMOLED seluas 1,9 inci dengan resolusi 260 x 512 piksel.

Pihak Samsung menyebutkan, layar sentuh sekunder itu kini empat kali jauh lebih luas dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sebagai informasi, dulu Galaxy Z Flip generasi pertama hanya dibekali Cover Screen 1,1 inci (300 x 112 piksel).

Selain lebih luas, ternyata fungsi layar sekunder Galaxy Z Flip 3 juga ditingkatkan dibandingkan pendahulunya. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan pengguna melalui layar mini Galaxy Z Flip 3 ini? 

1. Lihat notifikasi dan quick settings

Seperti pendahulunya, layar sekunder pada Galaxy Z Flip 3 tetap bisa digunakan untuk menampilkan sejumlah hal dalam keadaan terlipat, seperti informasi waktu dan baterai.

Selain itu, Cover Screen ini juga bisa menampilkan notifikasi dari aplikasi seperti Instagram, WhatsApp, SMS, hingga telepon.

Pengguna hanya perlu mengusap (swipe) layar ke arah kiri untuk bisa melihat notifikasi di layar sekunder, tanpa perlu membentangkan ponsel sepenuhnya.

Di samping itu, pengguna juga bisa mengakses quick settings (pengaturan cepat) seperti untuk mengubah volume dan mengubah tingkat kecerahan layar ponsel. Caranya, tinggal usap Cover Screen ke arah atas.

Baca juga: Deretan Fitur Baru Samsung Galaxy Z Flip 3 yang Absen di Pendahulunya

Ilustrasi fungsi layar mini Galaxy Z Flip 3.Samsung Indonesia Ilustrasi fungsi layar mini Galaxy Z Flip 3.
Yang menarik, menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile Indonesia Taufiq Furqan, sekarang Cover Screen Galaxy Z Flip 3 sudah dibekali dengan fitur "Always on Display". Fitur ini memungkinkan layar untuk selalu siaga.

Fitur Always on Display sendiri absen di ponsel Galaxy Z Flip generasi pertama. 

"Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot mengetuk layar sekunder terlebih dahulu untuk melihatnya," kata Taufiq, dalam acara Local Unpacked Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Galaxy Z Flip 3, Ponsel Lipat Mini Terbaru Samsung

2. Akses aplikasi musik hingga Samsung Pay

Melalui Cover Screen ini, pengguna juga bisa menambahkan widget dari beberapa aplikasi, seperti musik, cuaca, alarm, kalendar, timer, Samsung Health, dan perekam audio, sebagaimana dihimpun dari SamMobile.

Pengguna hanya perlu mengusap layar sekunder ke arah kanan untuk bisa mengakses widget dari berbagai aplikasi dalam keadaan ponsel terlipat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com