Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Mencoba Stylus S Pen Fold Edition di Galaxy Z Fold 3

Kompas.com - 18/08/2021, 12:10 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di dunia ponsel Samsung, S Pen dulu merupakan monopoli seri smartphone Galaxy Note. Namun, kini tidak lagi. Perangkat input stylus itu sudah tersedia untuk model flagship lain, seperti Galaxy S 21 Ultra.

Yang terbaru, Galaxy Z Fold 3 pun sekarang memiliki aksesori pendamping bernama S Pen Fold Edition yang khusus dirancang untuk smartphone lipat tersebut.

S Pen ini memiliki fungsi sama dengan aksesori serupa di ponsel Galaxy lain, yakni untuk menulis, menggambar, hingga bernavigasi. Hanya saja, desainnya lain dari yang biasa ditemukan di ponsel Samsung

Sepaket bersama flip cover

Flip Cover with Pen memiliki tempat khusus di sisi samping untuk menyimpan S Pen. 
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Flip Cover with Pen memiliki tempat khusus di sisi samping untuk menyimpan S Pen.
KompasTekno berkesempatan mencicipi S Pen dan Galaxy Z Fold 3 (versi non-final) sebelum peluncuran resminya pada 11 Agustus lalu.

Paket penjualan Galaxy Z Fold 3 sendiri tidak menyertakan S Pen. Stylus itu mesti dibeli terpisah, dalam paket yang menyatu dengan aksesori lain berupa flip cover yang memiliki tempat khusus untuk menyimpan S Pen.

Berbeda dari Galaxy Note, Galaxy Z Fold 3 memang tak memiliki kompartemen penyimpanan S Pen. Tempat S Pen di flip cover bisa dilepas dengan cara digeser apabila diinginkan.

Perangkat S Pen Fold Edition sendiri berukuran lebih panjang (132,1 mm) dengan diameter lebih besar (7,7 mm) dibandingkan dengan S Pen milik Galaxy Note.

Ini membuatnya menyerupai pena sungguhan dan lebih nyaman saat digunakan dibandingkan dengan S Pen Galaxy Note yang kadang terasa terlalu kurus.

S Pen Fold Edition dapat digunakan selayaknya stylus untuk menulis dan menggambar di layar, serta menjelajah antarmuka ponsel.

Stylus untuk Galaxy Z Fold 3 ditawarkan dalam dua jenis, yakni S Pen Fold Edition yang tidak memiliki sambungan Bluetooth, dan S Pen Pro yang terhubung ke ponsel dengan Bluetooth serta memiliki fungsi lebih lengkap. Ukurannya lebih besar dibandingkan S Pen di Galaxy Note, lebih mirip dengan stylus di tablet Galaxy Tab.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Stylus untuk Galaxy Z Fold 3 ditawarkan dalam dua jenis, yakni S Pen Fold Edition yang tidak memiliki sambungan Bluetooth, dan S Pen Pro yang terhubung ke ponsel dengan Bluetooth serta memiliki fungsi lebih lengkap. Ukurannya lebih besar dibandingkan S Pen di Galaxy Note, lebih mirip dengan stylus di tablet Galaxy Tab.

Ada sebuah tombol untuk memunculkan menu shortcut Air Command di layar Galaxy Fold yang berisi shortcut sejumlah fungsi, seperti Screen Write dan Smart Select untuk menyeleksi bidang layar yang ingin ditangkap.

Stylus khusus untuk Galaxy Z Fold 3

Tempat pena di Flip Cover with S Pen bisa dilepas apabila diinginkan supaya casing lebih ringkas.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tempat pena di Flip Cover with S Pen bisa dilepas apabila diinginkan supaya casing lebih ringkas.
Galaxy Z Fold 3 terlihat responsif saat menampilkan aneka coretan dari S Pen Fold Edition, sementara feel ujung pena ketika menyentuh dan bergerak di layar identik dengan S Pen di Galaxy Note.

Sedikit kekurangannya, S Pen Fold Edition hanya bisa digunakan dengan Galaxy Z Fold 3 saja, tak bisa di ponsel Galaxy lain, termasuk Galaxy Z Flip 3 yang meluncur berbarengan dengan Fold.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3 Pakai S Pen Khusus, Jangan Pakai Stylus Biasa

Sebabnya, layar lipat di Galaxy Z Fold membutuhkan digitizer khusus. Digitizer merupakan lapisan layar yang berfungsi untuk bisa menerima input dari S Pen.

Fungsinya juga belum secanggih S Pen di Galaxy Note keluaran terbaru yang bisa mengendalikan aplikasi -seperti untuk menekan tombol shutter kamera- dari kejauhan karena terkoneksi ke ponsel dengan Bluetooth.

Menu Air Command berisi shortcut untuk menjalankan sejumlah fungsi terkait S Pen di Galaxy Z Fold 3.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Menu Air Command berisi shortcut untuk menjalankan sejumlah fungsi terkait S Pen di Galaxy Z Fold 3.
Di sisi lain, absennya koneksi Bluetooth membuat S Pen Fold Edition jadi tak memerlukan baterai yang harus selalu terisi.

Baca juga: 6 Keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 3 Dibanding Pendahulunya

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com