Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Free Fire, Mobile Legends, dan PES 2021 Akan Dipertandingkan di PON XX Papua

Kompas.com - 19/08/2021, 20:03 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada yang berbeda di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 nanti. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, e-sports resmi menjadi satu dari sepuluh cabang olahraga (cabor) ekshibisi yang akan dipertandingkan di pesta olaharaga tersebut.

Akan ada tiga game yang masuk dalam cabor ekshibisi e-sports di PON XX Papua 2021, yaitu Free Fire, Mobile Legends, dan eFootball PES 2021.

Sekretaris Jenderal Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Ade Lukman mengatakan bahwa masuknya e-sports sebagai cabor ekshibisi diharapkan dapat menjaring bibit-bibit atlet e-sports Tanah Air.

Baca juga: Evos Sports dari Indonesia Masuk 3 Besar Organisasi E-Sports Terpopuler Dunia

"Sehingga pada PON berikutnya, 2024, di Sumatera Utara dan Aceh, e-sports sudah berhak untuk menjadi cabor yang resmi dipertandingkan," kata Ade, dihimpun KompasTekno dari AntaraNews, Kamis (19/8/2021).

Sekjen Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Frengky Ong, mengatakan bahwa tiga game yang dipertandingkan di ekshibisi PON XX Papua 2021 mewakili tiga genre yang cukup populer, yaitu multiplayer online battle arena (MOBA), battle royale, dan sepak bola.

Pemilihan game sendiri diklaim sudah melewati proses diskusi dan screening yang panjang dengan mempertimbangkan sejumlah hal, salah satunya adalah kepemilikan perangkat komputer (PC) di pelosok Indonesia.

Baca juga: Tim E-sports Indonesia Diundang Ikut Turnamen PUBG Mobile Berhadiah Rp 45 Miliar

"Di daerah-daerah, PC itu (mungkin) ada kesulitan karena tidak semua orang punya PC. Jadi, game (yang dipertandingkan) harus memenuhi kemampuan itu dari segi teknisnya," imbuh Frengky pada kesempatan yang sama.

Adapun game MOBA dan battle royale sendiri akan dipertandingkan secara beregu dan tim pada platform mobile. Sementara itu untuk game sepak bola dilakukan secara perorangan dan ganda pada platform konsol.

Terbuka untuk umum

Ilustrasi game Free Fire, Mobile Legends, dan eFootball PES 2021.Youtube/PB ESI Ilustrasi game Free Fire, Mobile Legends, dan eFootball PES 2021.

Frengky melanjutkan, ajang ekshibisi e-sports PON XX Papua 2021 ini terbuka untuk umum 
bagi gamer Indonesia di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota, dan pendaftarannya sudah dibuka sejak 18 Agustus kemarin tanpa dipungut biaya.

Calon peserta bisa mendaftarkan diri di situs web Garudaku.com dan harus mewakili wilayahnya masing-masing, sesuai dengan daerah domisili di KTP atau KIA (Kartu Identitas Anak).

Baca juga: Ini Dia Gym Khusus E-sports, Tempat Gamer Amatir Dilatih Pemain Profesional

Setelah proses pendaftaran ditutup, peserta akan mengikuti babak kualifikasi provinsi secara online pada 24 Agustus hingga 5 September mendatang.

Nantinya, juara dari masing-masing game di tiap provinsi akan menjadi perwakilan provinsi yang akan bertanding dengan provinsi lainnya di tahap Pra PON pada 7-14 September mendatang.

Setelah itu, lima provinsi terkuat pada tahap Pra PON, ditambah satu provinsi Papua, akan bertanding di Final Ekshibisi PON XX Papua 2021 yang bakal digelar pada 22-26 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com