Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Instagram

Kompas.com - 20/08/2021, 10:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram memiliki segudang fitur menarik untuk penggunanya. Beberapa fitur tersebut juga bisa meningkatkan privasi.

Salah satunya adalah fitur sekali lihat alias View once di pesan langsung (direct message/DM).
Seperti namanya, fitur ini memungkinkan si penerima melihat isi pesan sekali saja. Setelah dibuka, pesan akan langsung hilang secara otomatis.

View once hanya berlaku untuk pesan berupa foto atau video. Pengiriman teks yang terhapus secara otomatis bisa dilakukan lewat fitur lain bernama Vanish mode.

Baca juga: Instagram Punya Fitur Pesan Rahasia, Begini Cara Pakainya

Kelmbali ke View once, cara mengirimkan foto dan video sekali lihat dengan fitur itu sangat mudah dan bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang telah dirangkum KompasTekno, Jumat (20/8/2021) berikut ini.

  1. Jalankan aplikasi Instagram, lalu buka menu DM Instagram
  2. Pilih percakapan atau penerima yang ingin dikirimi pesan
  3. Klik ikon kamera yang ada di sisi kirim kolom pesan
  4. Ambil foto atau video yang hendak dikirim
  5. Kemudian, geser opsi yang ada di sisi bawah tombol shutter. Pilih opsi "View once" untuk mengirim pesan sekali lihat.
  6. Opsi "Allow reply" digunakan untuk mengirim pesan yang memungkinkan penerima bisa membalas pesan. Opsi ini juga memungkinkan penerima melihat foto atau video sebanyak dua kali.
  7. Opsi "Keep in chat" memungkinkan pesan tetap tersimpan di ruang obrolan dan pesan bisa dilihat berulang kali.
  8. Setelah yakin, Anda dapat langsung mengirim foto atau video sekali lihat.

Cara mengirim pesan view once atau sekali lihat di DM Instagram. Apabila penerima pesan melakukan screenshot, pengirim akan mendapat notifikasi di sisi kanan pesan (gambar ujung kanan).kompas.com Cara mengirim pesan view once atau sekali lihat di DM Instagram. Apabila penerima pesan melakukan screenshot, pengirim akan mendapat notifikasi di sisi kanan pesan (gambar ujung kanan).

Sedikit catatan, apabila penerima melakukan screenshot atau tangkapan layar terhadap foto sekali lihat, maka pengirimnya akan menerima notifikasi.

Baca juga: Cerita Foto Kerupuk Rambak di Akun Instagram Apple, Jepretan Fotografer Semarang

Notifikasi tersebut berupa logo screenshot yang ada di sisi kanan foto atau video sekali lihat yang dikirim, seperti ilustrasi gambar di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com