Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android Sudah Bisa di Indonesia

Kompas.com - 21/08/2021, 10:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur transfer chat WhatsApp dari platform iPhone (iOS) ke Android secara langsung, akhirnya mulai digulirkan. Pengguna iPhone di Indonesia kini sudah mulai bisa menjajal fitur ini.

Selama ini, transfer chat dari iOS ke Android atau sebaliknya, tidak bisa dilakukan secara langsung. Pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghubungkan ponsel Android dan iPhone di PC yang sama.

Pantauan KompasTekno, fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android mulai hadir di WhatsApp iOS versi 2.21.160.16, dan diakses melalui menu Settings > Chats, lalu pilih Move chat to Android atau Pindahkan chat ke Android.

Baca juga: Fitur WhatsApp yang Sangat Berguna Ini Akhirnya Hadir di Indonesia

Dalam keterangan yang tertera, disebutkan bahwa jika pengguna melwatkan langkah ini, riwayat chat tidak akan bisa dialihkan dari iOS ke Android. Dengan kata lain, seluruh riwayat chat akan lenyap.

Apabila ingin melanjutkan proses transfer, pengguna bisa membuka ponsel Android untuk memulihkan riwayat chat, foto, video, hingga pesan suara (voice note). Terakhir, tunggu proses transfer riwayat chat WhatsApp dari iPhone ke Android hingga rampung.

Pengguna sebenarnya bisa menyimpan seluruh riwayat chat ke iCloud atau Google Drive. Namun chat tersebut tidak bisa dipulihkan di ponsel yang baru.

Namun, fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android masih terbatas di sisi Android saat ini. Hanya pengguna ponsel Samsung Galaxy Z Fold3 atau Galaxy Z Flip3 di Indonesia yang sudah bisa menjajal fitur ini.

Baca juga: Apa Itu PM, PC, VC, VN, dan TC yang Sering Dipakai di Obrolan WhatsApp?

Samsung memang vendor smartphone Android pertama yang mengumumkan fitur transfer chat iOS-Android ini tersedia di ponselnya, di acara Galaxy Unpacked 11 Agustus lalu ketika meluncurkan duo ponsel lipat anyarnya.

"Untuk pertama kalinya di smartphone Android, pengguna kini bisa memindahkan seluruh pengalaman WhatsApp, termasuk riwayat percakapan dan foto, dari iPhone lama ke ponsel Galaxy teranyar mereka," kata perwakilan Samsung dalam gelaran Galaxy Unpacked.

Product Manager WhatsApp, Sandeep Paruchuri mengklaim bahwa fitur transfer chat dari iPhone ke Android merupakan fitur paling banyak dinantikan penggunanya, selama beberapa tahun.

Untuk mewujudkannya, WhatsApp bekerja sama dengan pengembang sistem operasi dan vendor perangkat.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Sabtu (21/8/2021), fitur ini dijanjikan bakal segera hadir bagi pengguna Samsung Galaxy yang menjalankan sistem operasi Android 10 atau yang lebih baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com