Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Pensiunkan Merek Ponsel "Mi"

Kompas.com - 24/08/2021, 10:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel pertama Xiaomi adalah Mi 1 yang dirilis 10 tahun lalu pada Agustus 2011. Kehadirannya segera disusul oleh seri Mi 2, Mi 3, hingga terbaru  Xiaomi Mi 11 yang masuk ke pasaran Indonesia tahun ini.

Namun kini, sub-merek ponsel yang identik dengan Xiaomi itu tidak akan digunakan lagi. Xiaomi hanya akan menggunakan namanya sendiri tanpa embel-embel "Mi" di ponsel-ponsel selanjutnya. Dengan kata lain, "Mi" dipensiunkan.

Baca juga: Xiaomi Mix 4 Meluncur dengan Kamera Depan Tersembunyi

Nama "Mi" sudah menghilang di ponsel flagship terbaru Xiaomi, Mix 4. Sebelumnya, ponsel-ponsel kelas atas dari seri itu bernama "Mi Mix", terakhir hingga Mi Mix 3 yang dirilis pada 2018.

Seorang juru bicara Xiaomi yang berbicara kepada XDA Developer mengungkapkan bahwa ponsel-ponsel setelah Mix 4 juga tidak akan mengusung sub-merek "Mi".

Kebijakan sama juga berlaku untuk jenis produk lain yang selama ini membawa sub-brand "Mi", termasuk TV, laptop, hingga kulkas, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (24/8/2021).

Adapun produk-produk "Mi" yang sudah beredar tidak akan mengalami perubahan nama. Xiaomi Mi 11, misalnya, akan tetap bernama demikian seperti sebelumnya.

Baca juga: Xiaomi Berhenti Jual Redmi Note 10 di Indonesia, Ini Sebabnya

Tidak disebutkan apa alasan di balik pensiunnya sub-brand "Mi". Ada kemungkinan Xiaomi ingin menyelaraskan branding produknya di wilayah-wilayah pasar berbeda. Di China, pabrikan tersebut memang sudah merilis sejumlah produk tanpa julukan "Mi".

Akan halnya nama "Mi", pendiri Xiaomi Lei Jun pernah menerangkan bahwa kata dua huruf itu merupakan singkatan dari "Mobile Internet" dan "Mission Impossible", mewakili pandangan Xiaomi sebagai perusahaan mobile internet yang ingin meraih pencapaian "mustahil".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com