Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Subway Indonesia Kebanjiran Follower, "Colek" Akun Prank

Kompas.com - 24/08/2021, 15:37 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masih ingat beberapa waktu lalu, ketika sebuah akun Instagram dengan handle @subway_id, membuat rumor bahwa restoran sandwich Subway akan membuka gerainya di Indonesia?

Sayangnya informasi tersebut hanya lelucon semata alias "prank". Kini, kabar pembukaan gerai restoran asal Amerika Serikat tersebut di Indonesia kembali muncul. Tapi informasi kali ini bukanlah prank seperti sebelumnya.

Subway Indonesia akan berada di bawah naungan PT Sari Sandwich Indonesia, anak perusahaan dari peritel makanan dan minuman PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MBA), di mana perusahaan induknya adalah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP).

Untuk semakin meyakinkan warganet Indonesia yang pernah menjadi korban "prank" sebelumnya, Subway Indonesia membuat akun Instagram resmi dengan handle @subway.indonesia.

Hingga berita ini ditulis, akun tersebut kebanjiran followers dalam waktu singkat. 

Pantauan KompasTekno, Selasa (24/8/2021), akun tersebut sudah memiliki lebih dari 28.000 pengikut. Tidak diketahui persis kapan akun ini dibuat, namun, unggahan pertamanya dikirim pada 23 Agustus lalu.

"Ya, ini bukan lagi lelucon, kabar sudah tersiar. Kami benar-benar hadir di sini (Indonesia)," tulis akun Instagram @subway.indonesia.

Baca juga: Instagram Ganti Swipe Up dengan Stiker Mulai 30 Agustus

Colek akun prank

Uniknya, akun tersebut "mencolek" akun-akun palsu yang mengatasnamakan "Subway" dengan berbagai macam handle.

Beberapa di antaranya adalah akun dengan handle @subwayind, @subway.jakarta, @id_subway, dan @subway_idn.

Isi konten yang diunggah, secara implisit menyebut bahwa akun-akun tersebut bukanlah akun resmi, sekaligus meyakinkan kebenaran infromasi pemukaan gerai Subway di Tanah Air.

"Cukup mirip @Id_subway, salam dari satu-satunya yang asli," tulis Subway Indonesia dalam satu postingan sambil menyebut bahwa akun yang ditandai adalah akun palsu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SUBWAY INDONESIA (@subway.indonesia)

Selain Instagram, Subway Indonesia juga memiliki akun Twitter resmi dengan handle @ID_Subway yang kini baru memiliki lebih dari 2.000 pengikut.

Lewat akun Twitter resminya, Subway Indonesia juga mengingatkan warganet adanya akun palsu lain yang mengatasnamakan Subway Indonesia.

Namun, baik akun Instagram maupun Twitter tersebut belum mendapat centang biru atau terverifikasi. Kemungkinan karena usia akun masih sangat baru.

Baca juga: Pengguna Instagram Bisa Batasi DM atau Komentar Orang Tak Dikenal

General Manager, Corporate PR and Communications PT Map Boga Adiperkasa Tbk, Avolina Raharjanti mengatakan Subway akan membuka beberapa gerai di Indonesia pada kuartal keempat 2021.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com