Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo MagVOOC, Teknologi Cas Nirkabel Pesaing MagSafe Apple

Kompas.com - 24/08/2021, 17:34 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi pengisian daya cepat nirkabel untuk smartphone kini menjadi perhatian para vendor ponsel. Ini terlihat dari vendor ponsel yang mulai merilis teknologi pengisian daya cepat nirkabel garapan perusahaan ke pasaran.

Misalnya seperti Apple yang merilis MagSafe, Realme dengan MagDart, dan Xiaomi dengan wireless charging pad.

Tak ingin ketinggalan, Oppo juga mengungkap rangkaian teknologi pengisian daya cepat magnetis (magnetic flash charging) dengan brand MagVOOC, yang mirip dengan MagSafe Apple dan MagDart Realme.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Aksesori MagSafe yang Hadir Kembali di iPhone 12

Ada tiga konsep produk MagVOOC yang diungkap Oppo dalam acara China International Smart Industry Expo 2021, baru-baru ini. Ketiganya adalah MagVOOC ultra-thin flash charger, MagVOOC wireless power bank, dan MagVOOC wireless flash charging stand.

Tiga produk MagVOOC

Pertama, Oppo memperkenalkan MagVOOC ultra-thin flash charger yang mengadopsi desain terpisah antara pemancar coil dan mainboard, sehingga membuat pengisi daya ini tampil lebih tipis.

Desain terpisah ini juga disebut dapat mencegah panas yang dihasilkan oleh papan utama ikut berpindah ke smartphone. Dengan begitu, panas tidak akan berpengaruh pada kecepatan pengisian daya.

Desain ini berbeda dengan teknologi pengisian daya nirkabel magnetik MagDart dari Realme, yang membutuhkan kipas untuk membuang panas.

Oppo MagVOOC wireless power bank.Oppo Indonesia Oppo MagVOOC wireless power bank.
Kedua, ada MagVOOC wireless power bank. Oppo menggambarkan power bank ini sebagai "baterai eksternal" ponsel yang sudah berstandar Qi wireless charging.

Power bank MagVOOC dapat mendukung pengisian nirkabel (wireless charging) dengan daya 20W dan pengisian kabel (wired charging) berdaya 10W. Power bank ini disebutkan dapat mengisi baterai ponsel 4.500 mAh hanya dalam waktu dua jam.

Baca juga: Realme Luncurkan MagDart, Pengisi Daya Nirkabel Mirip MagSafe Apple

Meski demikian, Oppo tidak menjelaskan dengan spesifik ponsel tersebut diisi dengan opsi wireless/wired charging dan tidak menjabarkan berapa persen daya ponsel yang berhasil diisi dalam kurun waktu tersebut.

"Desain kedua perangkat (MagVOOC powerbank dan ultra-thin flash charger) yang tipis, membuatnya mudah dibawa pengguna," kata Oppo dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (24/8/2021).

Oppo MagVOOC wireless flash charging stand.Oppo Indonesia Oppo MagVOOC wireless flash charging stand.
Ketiga, Oppo juga memperkenalkan MagVOOC wireless flash charging stand. Sesuai namanya, pengisi daya ini berbentuk mirip seperti dudukan (stand) ponsel biasanya.

Namun, bila pengguna menempelkan smartphone secara horizontal ke stand tersebut, ponsel akan otomatis melakukan pengisian daya nirkabel.

Untuk saat ini, Oppo belum mengungkapkan rincian kehadiran ketiga produk magnetic flash charging MagVOOC di pasaran.

Baca juga: Mengenal Charger VOOC Oppo dan Perkembangan Teknologinya

Namun menurut rumor dari pembocor gadget kenamaan asal China, Digital Chat Station, belum ada rencana produksi masal dari produk MagVOOC dalam waktu dekat ini, sebagaimana dihimpun dari GizmoChina.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com