Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, 8 Aplikasi Berkedok Penambang Kripto Bawa Malware Berbahaya

Kompas.com - 24/08/2021, 18:27 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google kembali menghapus sejumlah aplikasi berbahaya dari toko aplikasi untuk ekosistem Android, Google Play Store. Kali ini, aplikasi yang dihapus berkedok aplikasi penambang mata uang kripto.

Ada delapan aplikasi yang dihapus. Semua aplikasi palsu ini, mengaku sebagai platform penambangan mata uang kripto (cryptocurrency) berbasis internet (cloud).

Namun tentu saja, hal tersebut hanya kedok belaka yang dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk mendulang keuntungan.

Kedelapan aplikasi tersebut, menurut laporan firma keamanan siber TrendMicro, membawa  program berbahaya (malware) berjenis "AndroidOS_FakeMinerPay" dan "AndroidOS_FakeMinerAd".

Kedua malware tersebut bakal meminta pengguna untuk menonton iklan dan membayar layanan berlangganan berkisar 15 dolar AS (sekitar Rp 215.000) per bulan.

Baca juga: Awas, Ada Malware yang Menghapus Isi Harddisk WD My Book Live

Dengan biaya ratusan ribu itu, pengguna diiming-imingi dengan peningkatan kapasitas mining di akun mereka, sehingga keuntungan yang didapatkan nantinya akan berlipat ganda.

Padahal, berdasarkan penelusuran TrendMicro, keuntungan tersebut tidak akan pernah didapatkan pengguna. Artinya, pelaku kejahatan siber tersebut menggunakan kedelapan aplikasi ini hanya untuk melakukan penipuan.

Menariknya, satu dari delapan aplikasi tersebut, yaitu BitFunds - Crypto Cloud Mining, bisa dibilang cukup populer lantaran sudah diunduh lebih dari 100.000 kali.

Kemudian, dua dari delapan aplikasi mining tersebut tidaklah gratis, alias berbayar.

Mereka adalah Crypto Holic - Bitcoin Cloud Mining yang dibanderol 13 dolar AS (Rp 186.000) dan Daily Bitcoin Rewards – Cloud Based Mining System yang dijual 6 dolar AS (sekitar Rp 86.000).

Berikut ini adalah delapan aplikasi cryptocurrency berbahaya yang baru-baru ini dihapus oleh Google berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TrendMicro, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Waspada, Aplikasi APKPure Disusupi Malware

  • BitFunds – Crypto Cloud Mining
  • Bitcoin Miner – Cloud Mining
  • Bitcoin (BTC) – Pool Mining Cloud Wallet
  • Crypto Holic – Bitcoin Cloud Mining
  • Daily Bitcoin Rewards – Cloud Based Mining System
  • Bitcoin 2021
  • MineBit Pro - Crypto Cloud Mining & btc miner
  • Ethereum (ETH) - Pool Mining Cloud

Kendati sudah dihapus dari Play Store, beragam aplikasi berbahaya ini tentu saja masih bisa menjalankan aksinya apabila terpasang di ponsel pengguna.

Sehingga, ada baiknya untuk menghapus deretan aplikasi tersebut sesegera mungkin apabila Anda kebetulan memasangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com