Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studio Indonesia Bikin "Project Buramato", Game Aksi Mirip Genshin Impact

Kompas.com - 25/08/2021, 09:31 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengembang game indie asal Balikpapan, Kalimantan Timur, Ozysoft bakal membuat sebuah game petualangan tiga dimensi (3D) yang memiliki working title "Project Buramato".

Hal itu diumumkan Ozysoft melalui sebuah video trailer di YouTube baru-baru ini. Berdasarkan video tersebut, game ini sekilas memiliki tampilan yang menyerupai game petualangan populer macam Genshin Impact dan Zelda: Breath of The Wild.

Sebab, karakter dalam game tersebut bisa menelusuri sebuah dunia open-world bernama Buramato, yang dipenuhi dengan berbagai pemandangan seperti padang rumput, tebing, bukit, air terjun, hingga sungai.

Baca juga: Riset: Main Game 2 Jam Bakar Kalori Setara 1.000 Kali Sit Up

Karakter utama di game tersebut juga terlihat ditemani dengan pemandu mungil yang sekilas mirip dengan Paimon di Genshin Impact.

Sembari menelusuri Buramato dengan sudut pandang orang ketiga (third-person view), pemain lantas akan turut dipertemukan dengan beragam monster mistis raksasa yang mengigatkan pada game populer di PS2, Shadow of the Colossus.

Terinspirasi dari mitologi Kalimantan

Ilustrasi game Project Buramato.Ozysoft Ilustrasi game Project Buramato.

Founder Ozysoft, Fahrurrozy Yasin, mengatakan monster-monster yang akan muncul di Project Buramato diadaptasi dari berbagai cerita mitologi di pulau Kalimantan, seperti di daerah Paser di Kalimantan Timur.

"Termasuk kisah di balik mahluk-mahluk yang ada di trailer tersebut seperti Iwak Lodan, Lekan Monde, Ma'ingu dan masih banyak lagi," ujar pria yang akrab disapa Ozy ini kepada KompasTekno, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: 20 Game PC Buatan Indonesia Didiskon hingga 60 Persen, Ini Daftarnya

Alur cerita Project Buramato sendiri, lanjut Ozy, terinspirasi dari salah satu suku di Kalimantan, Dayak Paser. Meski demikian, game tersebut diklaim akan melibatkan banyak elemen mitologi dari seluruh penjuru Pulau Kalimantan.

"Kami juga banyak mengambil inspirasi daerah lain yang tentunya masih termasuk dalam ruang lingkup mitologi Borneo," imbuh Ozy.

Berbeda dari Pulang: Insanity

Ilustrasi game Project Buramato.Ozysoft Ilustrasi game Project Buramato.
Ozy menambahkan, game petualangan ini sebenarnya berbeda dari game horor Pulang: Insanity yang dirilis Ozysoft pada 13 Maret 2020 lalu.

Melalui Project Buramato, Ozysoft memiliki visi untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan ingin menjangkau lebih banyak pemain di genre yang berbeda.

Pulang: Insanity sendiri sebenarnya sudah kental dengan budaya mistis di pulau Kalimantan, namun rating game tersebut adalah untuk dewasa dan bakal berbeda dengan game fantasy Project Buramato yang bisa dimainkan oleh remaja.

Baca juga: Michelin Gelar Turnamen Game Gran Turismo di Indonesia, Total Hadiah Rp 50 Juta

Ide untuk memproduksi game ber-genre petualangan terlintas di benak Ozy karena dia memang gemar memainkan aneka game jenis ini sejak kecil, seperti seri Final Fantasy dan game serupa lainnya.

"Saya ingin mewujudkan mimpi saya untuk membangun karya ber-fantasy dengan aspek-aspek kearifan lokal yang di kemas sesuai dengan standar global," tutur Ozy.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com