Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Free Fire FFWS 2021 Batal Digelar

Kompas.com - 26/08/2021, 19:43 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber dotesports

KOMPAS.com - Ajang kompetisi e-sports skala dunia Free Fire World Series (FFWS) 2021 yang kedua untuk tahun ini resmi dibatalkan karena pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Hal ini diumumkan pihak Garena melalui sejumlah akun resmi media sosial Free Fire, termasuk handle Instagram @ff.esports.id.

"Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa FFWS 2021 terpaksa dibatalkan mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di seluruh dunia," tulis Garena.

Baca juga: Free Fire, Mobile Legends, dan PES 2021 Akan Dipertandingkan di PON XX Papua

"Kami telah mencoba mempertimbangkan seluruh opsi yang dapat dilaksanakan dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan seluruh tim dan pemain e-sports dari berbagai negara yang akan terlibat dalam FFWS, keputusan berat ini harus kami ambil," imbuh Garena.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Free Fire Esports Indonesia (@ff.esports.id)

Garena tidak menyebutkan apakah FFWS 2021 yang kedua akan diganti dengan kompetisi lainnya, dialihkan sepenuhya ke online, atau memang justru ditiadakan.

Mereka juga tidak mengumbar di mana sebenarnya kompetisi tersebut awalnya akan digelar, namun Meksiko konon menjadi negara yang terpilih.

Di negara itu, kasus Covid-19 dilaporkan sedang meningkat seiring hadirnya varian delta dari virus tersebut, sehingga wajar saja apabila kompetisi e-sports ini batal digelar, jika Meksiko memang benar menjadi venue FFWS 2021 yang kedua.

Tahun lalu, Garena juga membatalkan turnamen FFWS 2020 karena alasan serupa. Namun, mereka menggantinya dengan ajang Free Fire Continental Series (FFCS) yang digelar sepenuhnya secara virtual.

Baca juga: Tri Rilis Paket Unlimited untuk Main Free Fire, Mobile Legends, hingga PUBG Mobile

Kompetisi tersebut merupakan turunan dari FFWS, di mana ada tiga wilayah besar yaitu EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika), Amerika, dan Asia yang menggelar FFCS untuk mencari juara di masing-masing region.

Belum diketahui apakah FFWS 2021 akan turut diganti dengan FFCS atau tidak.

Namun, Garena mengatakan bahwa mereka memang berencana untuk menggelar event e-sports Free Fire di seluruh penjuru dunia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Dotesports, Kamis (26/8/2021).

FFWS digelar dua kali setahun

Tim e-sports Phoenix Force.FFEsportsID Tim e-sports Phoenix Force.

FWS diklaim sebagai turnamen game Free Fire terbesar di dunia dan biasanya memang digelar secara offline. Kompetisi ini juga biasanya digelar sebanyak dua kali dalam satu tahun.

Untuk tahun ini, ajang FFWS 2021 pertama sukses digelar secara fisik di Singapura dengan mengikuti segala protokol kesehatan yang berlaku di sana.

Turnamen yang berhadiah 2 miliar dolar AS (sekitar Rp 28,6 miliar) tersebut diikuti oleh 18 tim e-sports dari seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: Sukses EVOS di FFWS 2021 dan Ambisi Juara di MSC 2021

Tim e-sports asal Thailand, Phoenix Force berhasil memenangkan kejuaraan bergengsi tersebut dan membawa pulang hadiah senilai 500.000 dolar AS atau sekitar Rp 7,1 miliar.

Sementara dua perwakilan Indonesia, Evos Divine dan First Raiders Bravo, harus puas berada di posisi ke-8 dan ke-11. Masing-masing dari mereka mendapatkan hadiah senilai 80.000 dolar AS (sekitar Rp 1,1 miliar) dan 60.000 dolar AS (sekitar Rp 856 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dotesports


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com