Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Smartphone Bisa Terbakar, Ini 10 Pemicunya yang Wajib Dihindari

Kompas.com - 27/08/2021, 14:31 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GadgetsNow

KOMPAS.com - Baru-baru ini, peristiwa ponsel terbakar kembali terjadi. Ponsel yang terbakar di kabin pesawat maskapai AS, Alaska Airlines. Kasus tersebut bukan yang pertama kali terjadi dan tidak hanya menimpa satu merek ponsel saja.

Ada beragam penyebab mengapa ponsel bisa terbakar atau meledak, seperti misalnya korsleting atau adanya kesalahan saat pengisian daya.

Salah satu penyebab yang sering muncul adalah panas berlebih pada bagian dalam ponsel yang kemudian memicu terjadinya ledakan.

Baca juga: Samsung Galaxy A21 Terbakar di Kabin Pesawat, Penumpang Dievakuasi

Selain itu, ada juga penyebab lainnya yang mengakibatkan ponsel bisa terbakar. Apa saja?

Berikut ini adalah 10 penyebab mengapa smartphone bisa terbakar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Jumat (27/8/2021).

1. Ponsel yang rusak

Jika ponsel Anda mengalami kerusakan parah, sebaiknya Anda harus segera memperbaiki perangkat tersebut di layanan service center.

Misalnya layar atau bodi ponsel Anda retak, hal itu sangat berisiko karena dapat menyebabkan air atau keringat Anda masuk ke dalam perangkat bahkan bisa saja masuk ke kompartemen baterai.

2. Charger palsu

Selalu gunakan charger original atau yang memang dikenal berkualitas tinggi. Setiap vendor biasanya memiliki standar dan spesifikasi tertentu untuk charger yang diproduksi, terutama yang memiliki kemampuan Fast Charging.

Baca juga: Truk Pengangkut 200.000 iPhone Terguling dan Terbakar

Jangan ambil risiko dengan menggunakan charger non-original yang keluaran listriknya tak terjamin bagus. Ingatlah bahwa tak semua charger memiliki kualitas setara.

Lebih baik memilih merek terpercaya daripada mengorbankan perangkat dengan memilih charger abal-abal. Salah-salah, bukannya menghemat tapi malah rugi karena perangkat rusak, bahkan terbakar atau meledak.

3. Baterai non-orisinal

Jangan pernah menggunakan baterai non-orisinal alias palsu. Sebab, baterai semacam itu dapat menimbulkan masalah yang serius. Hal ini berkaitan dengan kualitas baterai lithium-ion yang ditawarkan.

Apabila tidak original, maka baterai tersebut berpotensi menimbulkan panas berlebih bahkan bisa memicu ledakan atau terbakar.

Baca juga: Malah Bikin Boros, Jangan Pakai Cara Ini untuk Menghemat Baterai Android

Ilustrasi baterai ponsel.Paxel Ilustrasi baterai ponsel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber GadgetsNow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com