Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 13 Punya Fitur Telepon Satelit, Bisa "Halo-halo" Tanpa Sinyal 4G?

Kompas.com - 31/08/2021, 12:19 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Bocoran iPhone 13 terus mengalir di dunia maya. Kabar terbaru menyebut bahwa iPhone 13 akan dapat melakukan panggilan telepon dan SMS meski tidak terhubung dengan jaringan 4G ataupun 5G.

Analis kenamaan yang kerap memprediksi produk Apple dengan tepat, Ming-Chi Kuo, mengatakan iPhone 13 akan dibekali dengan telepon satelit.

iPhone 13 konon akan dibekali dengan hardware yang bisa tersambung dengan satelit low earth orbit (LEO). Bocoran ini diungkapkan Kuo dalam sebuah catatan kepada para investor.

Dengan kemampuan ini, pengguna masih dapat berkomunikasi meski berada di daerah terpencil yang belum tercakup jaringan seluler.

Untuk dapat terhubung ke satelit LEO, Kuo menyebut Apple bakal menggunakan chip modem Qualcomm X60 yang telah disesuaikan.

Apple juga diprediksi akan bekerja sama dengan penyedia layanan komunikasi satelit Globalstar untuk menyediakan layanan telepon satelit ini.

Baca juga: Kapan iPhone 13 Rilis dan Mulai Dijual, Ini Bocoran Jadwal dan Harganya

Nantinya, deretan iPhone 13 akan bisa menikmati layanan LEO asalkan operator seluler yang digunakan telah bekerja sama dengan Globalstar.

Artinya, apabila pengguna menggunakan operator seluler yang tidak bekerja sama dengan Globalstar, bisa saja mereka tidak bisa memanfaatkan telepon satelit ini meski perangkatnya mendukung.

Jadi tren baru?

Ilustrasi dummy empat model iPhone 13.Twitter/SonnyDickson Ilustrasi dummy empat model iPhone 13.
Layanan komunikasi via satelit LEO bisa menjadi tren baru di dunia smartphone dan Kuo menyebut Apple sangat "optimis" terkait tren tersebut.

Sebab, Apple disebut ingin penggunanya di masa depan tak perlu mengkhawatirkan jangkauan operator seluler dan internet ketika mereka bepergian ke suatu tempat.

Apple konon sampai membuat sebuah tim khusus pada 2019 lalu untuk melakukan riset dan pengembangan terkait teknologi LEO.

Pada 2017 lalu, Apple juga dikabarkan sempat mempekerjakan dua mantan eksekutif Google yang memiliki keahlian di bidang satelit dan teknologi terkait lainnya.

Dengan beragam upaya tersebut, Kuo menambahkan bahwa Apple berencana menghadirkan LEO ke sejumlah produk terbarunya.

Baca juga: Google Rela Bayar Apple Rp 216 Triliun demi iPhone

Di antaranya seperti kacamata mixed-reality, kendaraan listrik, dan perangkat IoT lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Selasa (31/8/2021).

Kendati demikian, Apple sendiri belum mengumbar informasi apapun terkait deretan produk masa depan tersebut, termasuk deretan iPhone 13 dan fitur andalannya. 

Bahkan sampai saat ini Appel pun masih belum mengungkap nama penerus dari iPhone 12 nantinya. Kita nantikan saja kabar selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com