Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Download Windows 11 Gratis, Meluncur 5 Oktober

Kompas.com - Diperbarui 05/10/2021, 04:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan Juni lalu, Microsoft resmi memperkenalkan sistem operasi anyarnya Windows 11. Sistem operasi penerus Windows 10 itu akan segera tersedia pada 5 Oktober sebagai update gratis.

Microsfot mengumumkan, pengguna Windows 10 resmi akan mendapatkan upgrade ke Windows 11 secara gratis. Windows 11 juga akan terpasang di perangkat yang dijual dengan pre-load Windows 11 .

Akan tetapi, seperti perilisan Windows versi sebelumnya, ketersediaannya secara gratis akan digulirkan secara bertahap. Perangkat baru yang kompatibel akan menjadi prioritas Microsoft.

Baca juga: Windows 11 Beta Sudah Tersedia, Begini Cara Memasangnya di PC dan Laptop

Setelahnya, Windows 11 baru akan tersedia ke lebih banyak konsumen dalam beberapa pekan ke depan, setelah tanggal 5 Oktober.

"Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat (kompatibel) akan mendapat penawaran upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022," jelas Aaron Woodman, manajer umum pemasaran Windows di Microsoft.

Bagi pengguna Windows 10, notifikasi ketersediaan Windows 11 akan dimunculkan dalam menu Windows Update.

Untuk download Windows 11, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Buka menu pengaturan/settings
  • Pilih Pembaruan Windows/Update Windows
  • Pilih Periksa pembaruan
  • Jika tersedia, Anda akan melihat Pembaruan fitur ke Windows 11
  • Klik Download/Unduh dan install

 

Belum mendukung aplikasi Android

Salah satu fitur yang menarik perhatian pada OS Windows 11 adalah dukungan OS Android tanpa modifikasi khusus.

Baca juga: Windows 11 Bisa Dipasangi Aplikasi Android dari Sumber Tak Resmi

Selama ini, aplikasi Android hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau dengan cara dual boot OS.

Akan tetapi, pengguna awal Windows 11 tampaknya harus bersabar, karena dukungan untuk Android baru tersedia pada 2022. Pratinjau aplikasi Android di Windows 11 akan tersedia dalam program Windows Insider, yang akan hadir beberapa bulan mendatang.

"Kami berharap bisa melanjutan perjalanan kami untuk menghadirkan aplikasi Android ke Windows 11 dan Microsoft Store, melalui kolaborasi kami dengan Amazon dan Intel, ini akan dimulai dengan pratinjau untuk Windows Insider selama beberapa bulan mendatang," kata Woodman.

Terobosan ini terwujud berkat kerja sama Microsoft, Amazon, dan Intel. Aplikasi Android nanti bisa ditemukan di Microsoft Store dan diunduh melalui Amazon App Store.

Baca juga: Ingin Menjajal Windows 11 Sekarang? Begini Caranya

Microsoft juga bekerja sama dengan Intel menggunakan teknologi Intel Bridge, yang membuat aplikasi Android bisa berjalan di sistem berbasis x86.

Aplikasi Android di Windows 11 tak hanya bekerja dalam komputer ber-CPU Intel saja, melainkan juga AMD dan ARM. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (1/9/2021), Microsoft mengklarifikasi jenis perangkat yang kompatibel dengan Windows 11 minggu lalu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com