Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Oppo Pesaing Samsung Galaxy Flip Segera Meluncur?

Kompas.com - 01/09/2021, 13:29 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Produsen smartphone Oppo dikabarkan tengah menyiapkan ponsel lipat perdana bikinannya, untuk menyaingi lini ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip.

Hal ini diketahui berkat sebuah unggahan dari pembocor bernama Digital Chat Station di jejaring sosial asal China, Weibo.

Menurut postingan tersebut, ponsel lipat Oppo ini bakal hadir "dalam waktu dekat" dan dibekali dengan panel fleksibel berjenis low-temperature Polycrystalline oxide (LTPO).

Baca juga: Ponsel Lipat Melesat pada 2023, Samsung Diramal Jadi Penguasa

Sekadar informasi, jenis panel ini biasa dipakai berbagai vendor smartphone untuk menghadirkan fitur refresh rate yang bisa menyesuaikan konten yang sedang dilihat pengguna secara otomatis.

Tidak disebutkan berapa prediksi ukuran layar ponsel lipat tersebut, begitu juga mekanisme model lipatan yang bakal diusungnya. 

Namun, Oppo konon bakal meluncurkan ponsel lipat besutannya dalam beberapa model dengan jenis lipatan berbeda, bisa jadi seperti tablet layaknya Galaxy Z Fold (melipat ke samping), atau mengusung model lipatan clamshell bak Galaxy Z Flip (melipat ke atas).

Oppo sebelumnya juga diketahui telah mematenkan desain ponsel layar lipat yang layarnya melipat ke luar, seperti paten yang disebut di situs Lets Go Digital.

Baca juga: Bukti Keseriusan Oppo Membuat Smartphone Layar Lipat

Digital Chat Station juga mengumbar bahwa ponsel lipat Oppo bakal menjalankan sistem operasi (OS) terbaru Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) teranyar pula, ColorOS 12.

ColorOS 12 sendiri diduga kuat bakal meluncur sekitar bulan September ini. Ada kabar yang menyebut bahwa suksesor ColorOS 11 itu akan diperkenalkan pada 13 September, namun hal itu masih belum bisa dipastikan.

Kembali lagi ke ponsel lipat Oppo, selain layar dan software, belum diketahui bagaimana spesifikasi dan ketangguhan perangkat lipat tersebut.

Terlebih, nama perangkat dan tanggal peluncurannya juga masih misterius dan Oppo belum memberikan informasi apa pun soal produk tersebut.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Galaxy Z Flip 3, Ponsel Lipat Mini Terbaru Samsung

Namun, apabila mengacu pada kabar yang beredar, ponsel lipat Oppo ini kemungkinan besar bakal dibekali chipset Snapdragon 888 dan memiliki jumlah layar lebih dari satu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (1/9/2021).

Terlepas dari itu semua, kehadiran ponsel lipat Oppo, apabila benar akan diluncurkan ke publik, tentunya akan turut meramaikan pasar ponsel lipat, menemani Samsung yang sudah lebih dulu terjun ke segmen tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com