Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Resmikan V1, Prosesor Kamera Buatan Sendiri

Kompas.com - 04/09/2021, 12:05 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah dikembangkan selama lebih kurang dua tahun, produsen smartphone Vivo telah meresmikan kehadiran chip pengolah gambar (ISP) pertamanya yang dinamai Vivo V1.

Custom imaging chip ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan fotografi di ponsel-ponsel Vivo. Executive VP dan COO Vivo di China, Hu Baishan, mengatakan bahwa V1 akan debut di lini ponsel X70 yang bakal meluncur bulan September 2021.

Menurut Baishan, V1 akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan "mengoptimalkan skenario aplikasi smartphone seperti tampilan viewfinder dan perekaman video".

Baca juga: Vivo Patenkan Ponsel Berbentuk Mirip iPod

Dalam keterangan tertulis yang diterima Gizmochina, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (4/9/2021), Vivo tidak menjabarkan kemampuan ataupun spesifikasi teknis dari V1.

Namun, V1 diklaim sebagai pencapaian baru Vivo dalam hal R&D dan desain chip. Disebutkan bahwa 300 orang dari tim riset dan pengembangan Vivo merancang V1 selama 24 bulan

Lini smartphone Vivo X70 sendiri diprediksi bakal terdiri dari 3 model, yakni X70 "reguler", X70 Pro, dan X70 Pro Plus. Chip V1 diperkirakan hanya akan disematkan di X70 Pro Plus yang menjadi model teratas.

Baca juga: Beredar, Bocoran Spesifikasi serta Desain Vivo X70 dan X70 Pro

Seperti lini X60 sebelumnya, jajaran Vivo X70 kabarnya akan fokus pada kemampuan foto dan video lewat kerjasama dengan pabrikan kamera Zeiss.

Setelah memulai dengan ISP (V1), Baishan mengatakan bahwa selanjutnya Vivo akan melanjutkan pengembangan sesuai empat arahan yang sudah ditentukan, yakni "Design", "Image", "Performance", dan "System".

Pabrikan asal China belakangan lebih giat berinvestasi untuk inovasi dan mengurangi ketergantungan teknologi dari AS, setelah nasib apes Huawei yang diblokir oleh negara tersebut.

Vivo pun bukan satu-satunya vendor yang mengembangkan chip sendiri. Oppo juga melakukan hal serupa. Chip buatan pabrikan ini diperkirakan akan diumumkan bersama dengan lini ponsel Find X4 awal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com