Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tencent Bangun Data Center Kedua di Indonesia Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 07/09/2021, 09:10 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada April lalu, salah satu anak usaha dari Tencent yakni Tencent Cloud, meresmikan Internet Data Center (IDC) pertamanya di Indonesia. Pusat data tersebut dibangun untuk memperkuat bisnis komputasi awan alias cloud di Tanah Air.

Belakangan, Tencent Cloud mengumumkan bahwa pusat data kedua di Indonesia akan segera dibangun pada akhir tahun 2021. Ini menandai pertama kalinya perusahaan asal China itu mendirikan dua IDC di satu wilayah yang sama dalam kurun waktu satu tahun.

Baca juga: Tencent Resmikan Data Center Pertama di Indonesia

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (7/9/2021), Senior Vice President Tencent Cloud Internasional, Poshu Yeung mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan pangsa pasar cloud yang potensial dan tumbuh dengan cepat.

Ia mengklaim, kehadiran layanan IDC Tencent Cloud di Tanah Air juga telah mendorong Indonesia menuju digitalisasi yang lebih maju. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya perusahaan, organisasi, dan klien lainnya yang menggunakan layanannya meraih kesuksesan.

"Untuk itu, kami ingin terus bekerjasama dengan mitra-mitra lokal kami dan membantu Indonesia mempercepat transformasi digital, yang akan amat terbantu dengan IDC kedua yang akan kami bangun pada akhir tahun ini," kata Yeung.

Pendirian pusat data Tencent Cloud di Indonesia juga dimaksudkan untuk mendukung perkembangan yang terjadi pada berbagai industri, mulai dari layanan keuangan, internet dan e-commerce, hingga hiburan, game, dan pendidikan.

Dari segi layanan keuangan, misalnya, Tencent Cloud menyebut layanannya mampu membantu industri layanan keuangan mengatasi berbagai tantangan transformasi digital, seperti dalam hal arsitektur data, keamanan data, dan transaksi dengan frekuensi tinggi.

Baca juga: Tim E-sports Indonesia Ini Diblokir Tencent dari Turnamen PUBG Mobile, Ada Apa?

Tencent Cloud turut menyediakan layanan untuk para developer game yang membutuhkan platform layanan cloud berkualitas tinggi dengan latensi rendah, kualitas audio yang mulus, pencegahan cheating. 

Solusi game yang ditawarkan termasuk Game Mutlimedia Engine (GME), Game Server Elastic-scaling (GSE), AntiCheat Expert (ACE), dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, data center pertama Tencent dibangun di pusat bisnis DKI Jakarta. Tencent tidak menyebutkan di mana IDC kedua akan didirikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com