Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poster Peluncuran 13 Mengandung Bocoran Fitur, Apa Saja?

Kompas.com - 08/09/2021, 18:42 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akhirnya mengumumkan tanggal rilis iPhone 13 yang akan berlangsung pada 14 September mendatang. Acara peluncuran iPhone 13 akan digelar dalam sebuah acara bertajuk Apple Event 2021 dengan tagline "California Streaming".

Di Indonesia, Apple Event 2021 bisa disaksikan di situs Apple.com dan aplikasi Apple TV pukul 00.00 WIB. Undangan acara peluncuran tersebut sudah disebar ke sjeumlah media, poster acara peluncuran juga telah diposting.

Yang menarik, Apple kerap menyisipkan petunjuk di dalam teaser atau poster acara peluncuran produk barunya. Termasuk dalam video teaser peluncuran iPhone 13.

Baca juga: Perkiraan Tanggal Rilis iPhone 13 di Indonesia Berikut Harganya

Salah satu penggiat gadget asal Malaysia, Xavier Naxa, menangkap beberapa petunjuk "penting" di dalam video teaser peluncuran iPhone 13. Menurutnya, petunjuk itu adalah isyarat fitur-fitur baru yang akan dibawa iPhone 13.

"Setiap kali Apple merilis iklan untuk #AppleEvent, mereka akan menyertakan satu petunjuk," tulisnya lewat akun Twitetr dengan handle @XavierNaxa.

Dari pengamatan Xavier, ada dua petunjuk fitur yang terselip di video teaser peluncuran iPhone 13.

Always On Display

Pertama adalah fitur Always on Display. Petunjuk itu didapat dari tanggal peluncuran iPhone 13 dan logo Apple yang menyala terang.

Tanggal acara Apple Event 2021yang memiliki warna terang dan menyala, disinyalir sebagai petunjuk kehadiran fitur Always on Display di iPhone 13.Twitter/@gregjoz Tanggal acara Apple Event 2021yang memiliki warna terang dan menyala, disinyalir sebagai petunjuk kehadiran fitur Always on Display di iPhone 13.

Petunjuk ini cocok dengan rumor yang beredar sebelumnya, bahwa untuk pertama kalinya, iPhone akan memiliki fitur Always on Display yang selama ini dimiliki ponsel Android.

Pembocoran gadget Max Weinbach mengatakan, iPhone 13 akan memiliki fitur Always on Display menggunakan teknologi yang mirip pada Apple Watch Series 5 dan 6.

Refresh rate 120 Hz

Weinbach juga mengatakan bahwa iPhone 13 akan memiliki fitur refresh rate 120 Hz.

Petunjuk fitur refresh rate 120 Hz juga ditangkap lewat transisi video teaser yang tampak cepat dan mulus.

Warna

Xavier juga menangkap petunjuk lain yakni varian warna baru iPhone 13. Prediksi itu kemungkinan berasal dari latar belakang langit senja (sun et) yang merujuk pada varian Sunset Gold dan warna merah muda yang kemungkinan merujuk warna Rose Gold.

Rumor kehadiran iPhone 13 varian Sunset Gold dan Rose Gold juga sudah terdengar jauh-jauh hari. Melansir BGR, iPhone 13 akan hadir dalam empat warna, yakni Black, Silver, Rose Gold, dan Sunset Gold.

Baca juga: Bukti Pengguna Android Tidak Berminat Ganti iPhone 13

Akan tetapi, varian Rose Gold di iPhone 13 kemungkinan akan berbeda dari varian Rose Gold di produk Apple yang sudah ada saat ini.

Kreator konten gadget, Majin Bu pernah mengunggah sebuah unit iPhone dengan warna Rose Gold yang dikombinasikan dengan Deep Purple di sisi bawah.

Bu mengatakan, kemungkinan desain warna ini akan digunakan di model iPhone di masa yang akan datang. Kombinasi warna ini mirip dengan ikon logo Apple di Twitter, ketika menggunakan tagar #AppleEvent.

Apakah petunjuk-petunjuk fitur iPhone 13 itu tepat? Tentu saja, konfirmasi resmi baru akan didapatkan ketika Apple meluncurkan iPhone 13 series pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com