Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gimbal Smartphone DJI Osmo Mobile 5 Masuk Indonesia, Harganya Rp 2,5 Juta

Kompas.com - 09/09/2021, 12:27 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sehari setelah dirilis secara global, gimbal (handheld stabilizer) DJI Osmo Mobile (OM) 5 resmi masuk Indonesia. DJI OM 5 merupakan gimbal yang juga bisa difungsikan sebagai tongkat selfie alias tongsis.

Deputy CEO Erajaya Active Lifestyle, Andre Tan, mengatakan DJI OM 5 menyasar para kreator konten yang bermunculan selama masa pandemi ini, terutama generasi Millenial dan generasi Z.

"DJI OM 5 bisa membantu pengguna untuk membuat konten gambar menjadi lebih mudah dengan menggunakan smartphone, sehingga mereka bisa menghasilkan produk video yang lebih berkualitas," kata Andre dalam konferensi pers virtual peluncuran DJI OM 5, Kamis (9/9/2021).

Seperti namanya, DJI OM 5 merupakan suksesor dari OM 4 yang diperkenalkan pada Agustus 2020. Dibandingkan pendahulunya, ada sejumlah fitur anyar yang diperkenalkan di handheld stabilizer terbaru itu.

Salah satu yang paling mencolok adalah gagang (Extension Rod) yang kini bisa dipanjangkan, sehingga gimbal ini ikut berperan ganda sebagai tongkat selfie, alias tongsis.

Dengan begitu, pengguna bisa mengatur bidikan kamera dari posisi rendah hingga tinggi sambil tetap meredam guncangan ketika merekam video di smartphone menggunakan DJI OM 5.

Baca juga: DJI Mini SE Resmi, Drone Murah untuk Pemula

Selain itu, ada fitur ActiveTrack 4.0 yang bisa digunakan untuk mengunci fokus objek dan melacak pergerakannya ketika objek itu bergerak, sehingga memastikan subjek tetap dalam fokus saat pemotretan atau perekaman video.

Ada pula fitur anyar ShotGuides yang memungkinkan pengguna mendapatkan rekomendasi mode perekaman sesuai dengan lingkungannya.

"ShotGuides merupakan fitur DJI OM 5 yang hadir perdana di industri teknologi gimbal," ungkap Head of DJI Product Management, Ericko Abraham di kesempatan yang sama.

Fitur serupa OM 4

Di samping dua fitur tadi, gimbal ini juga dibekali dengan fitur yang sudah ada di model sebelumnya seperti DynamicZoom, Hyperlapse, Timelapse, Motionlapse, Panorama, Spin Shot, Story Mode, dan mode untuk memberikan efek glamor pada gambar.

DJI OM 5 pun masih mengandalkan teknologi gimbal 3-axis dan desain folding yang memungkinkan gimbal bisa dilipat dan disimpan ke dalam saku.

Namun, bentuknya kini lebih ringkas dan diklaim hanya sepertiga dari OM 4.

Penopang ponsel di DJI OM 5 ini masih serupa yakni dengan menggunakan magnetic attachment.

Dengan mekanisme tersebut, pengguna bisa menggunakan capit (clamp) atau cincin (ring) magnetis yang bisa menopang ponsel di atas gimbal dengan kuat.

DJI Osmo Mobile 5 yang gagangnya bisa diperpanjang.DJI DJI Osmo Mobile 5 yang gagangnya bisa diperpanjang.
DJI OM 5 juga bisa dipasangi capit yang sudah dibekali lampu LED yang bernama Fill Light Phone Clamp. Capit ini sudah dilengkapi dengan pengaturan kecerahan dan suhu warna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com