Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Final Fantasy IV Pixel Remaster Resmi Hadir di Android dan iOS

Kompas.com - 10/09/2021, 07:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diumumkan pada akhir Agustus lalu, Square Enix kini resmi merilis game Final Fantasy IV versi Pixel Remaster ke perangkat Android dan iOS.

Pantauan KompasTekno pada Jumat (10/9/2021), game role-playing (RPG) tersebut sudah dapat diunduh melalui Google Play Store di link ini dan App Store di tautan berikut. Banderolnya adalah Rp 300.000.

Harga yang dipatok Square Enix untuk pengguna perangkat Android dan iOS tergolong cukup tinggi. Sebagai perbandingan, harga Final Fantasy IV Pixel Remaster yang dirilis di Steam hanya mencapai angka Rp 240.000.

Bahkan hingga 23 September mendatang, pengguna Steam dapat membeli game ini dengan harga yang lebih murah, yakni sebesar Rp 191.200.

Baca juga: Ini Dia 8 Game E-sports yang Dipertandingkan di Asian Games 2022

Potongan harga tersebut agaknya sengaja diberikan dalam rangka merayakan perilisan perdana game Final Fantasy IV Pixel Remaster.

Serupa dengan pendahulunya, Final Fantasy IV Pixel Remaster masih akan mengadopsi alur cerita klasik. Pemain akan diajak berpetualang bersama Cecil, Kain, Rosa, dan Rydia dalam misi untuk menggulingkan pemerintahan kerajaan Baron.

Screenshot game Final Fantasy VI Remastered di SteamSteam Screenshot game Final Fantasy VI Remastered di Steam

Meski mengadopsi grafis piksel dua dimensi (2D), namun Square Enix turut melakukan sejumlah peningkatan dari segi kualitas visual, soundtrack, dan gameplay.

Adapun peningkatan yang dimaksud mencakup tampilan UI yang lebih praktis serta hadirnya opsi pertempuran secara otomatis (auto-battle).

Desain karakter dan soundtrack di dalam game dibuat ulang menggunakan teknologi yang lebih modern di bawah pengawasan Nobuo Uematsu, selaku komposer yang dikenal sebagai peracik soundtrack seri game Final Fantasy.

Baca juga: Hengkang dari Krafton, Pencipta PUBG Bikin Game Prologue

Kemunculan Final Fantasy IV Remastered menandakan kali keempat Square Enix menggarap peluncuran ulang dari seri game Final Fantasy.

Sebelumnya, studio dan publisher asal Jepang ini telah merilis ulang tiga seri game Final Fantasy untuk platform Android dan iOS.

Ketiga game tersebut mencakup Final Fantasy I, Final Fantasy II, dan Final Fantasy III yang dapat dibeli dengan banderol yang serupa, yakni sebesar Rp 200.000 untuk setiap gamenya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com