Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A52s 5G Resmi Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 14/09/2021, 15:36 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan anggota terbaru dari keluarga smartphone Galaxy A di Indonesia, yaitu Galaxy A52 5G, Selasa (14/9/2021).

Ponsel ini merupakan versi upgrade dari Galaxy A52 yang telah dirilis di Indonesia pada pertengahan Maret lalu.

Peningkatan yang dibawa Galaxy A52s meliputi dukungan konektivitas 5G, layar Super AMOLED dengan refresh rate 120 Hz, serta fitur RAM Plus.

"Ponsel ini didesain untuk milenial yang membutuhkan perangkat dengan kinerja tinggi, ready dengan konektivitas 5G, serta mendukung berbagai kegiatan pengguna di bidang productivity, entertainment, online gaming," kata Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Mobile Indonesia dalam acara peluncuran, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Harga Smartphone Diprediksi Makin Mahal, Pilihan Makin Sedikit

Untuk konektivitas 5G, Irfan mengatakan, sebenarnya ponsel ini sudah kompatibel dengan layanan 5G yang disediakan oleh operator seluler, seperti Telkomsel dan Indosat.

"Tapi sampai saat ini, kami masih dalam proses penyelarasan software terhadap band 5G milik Telkomsel, Indosat, dan XL, serta masih dalam proses penyempurnaan software update-nya," kata Irfan.

Perbedaan lain, terdapat fitur RAM Plus yang memungkinkan ponsel mengalokasikan sebagian media penyimpanan (ROM) sebagai RAM virtual. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan tambahan RAM virtual hingga 4 GB (total 12 GB).

Pengguna di Indonesia akan langsung mendapatkan fitur ini tanpa perlu melakukan pembaruan sistem.

Sementara dari segi desain, Galaxy A52s masih mirip dengan saudara kandungnya, seperti layar Super AMOLED 6,5 inci resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel), refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, serta rasio aspek 20:9.

Layar dengan desain infinity-O ini sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Di sisi tengah atas layar terdapat punch hole atau lubang kecil yang menjadi rumah bagi kamera depan 32 MP (f/2.2).

Di bagian punggungnya, Galaxy A52s masih dibekali dengan empat kamera belakang dengan konfigurasi yang sama persis dengan Galaxy A52, yaitu kamera utama 64 MP (f/1.8) dengan OIS, kamera ultrawide 12 MP (f/2.2, 123 derajat), kamera makro 5 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 5 MP (f/2.4).

Untuk sektor hardware, Galaxy A52s ditenagai System-on-Chip Snapdragon 778G dengan fabrikasi 6nm.

Galaxy A terkencang

Senior Manager, Business Development di Qualcomm, Dominikus Susanto mengklaim penggunaan chipset ini menjadikan Galaxy A52s 5G merupakan ponsel paling kencang dijajaran seri Galaxy A.

Baca juga: Qualcomm Snapdragon 778G Meluncur, Chip 5G dengan Kinerja Grafis Tinggi

Sebab, bila dibandingkan dengan Snapdragon 720G yang digunakan di pada Galaxy A52, Snapdragon 778G di A52s ini memiliki peningkatan kinerja CPU hingga 55 persen.

"Peningkatan tersebut signifikan. Dengan chipset ini semuanya (kamera, AI, online gaming ) akan sangat nyaman lagi karena chipset yang powerful," kata Dominikus dalam acara yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com