Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 13 dan iPhone 13 Mini Resmi Meluncur

Kompas.com - 15/09/2021, 01:23 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone terbarunya dalam sebuah acara bertajuk "California Streaming" yang digelar secara virtual, Selasa (14/9/2021) pagi waktu setempat atau Rabu (15/9/2021) dini hari WIB.

Sejalan dengan rumor yang berseliweran, ponsel terbaru Apple untuk tahun ini resmi dinamai iPhone 13, melanjutkan seri penomoran iPhone 12 yang diperkenalkan tahun lalu.

"Hari ini, kami bangga mengumumkan generasi iPhone terbaru kami, yaitu iPhone 13," ujar CEO Apple, Tim Cook, dalam acara peluncuran.

Sekilas, desain iPhone 13 nyaris identik dengan iPhone 12. Hanya saja, jika dilihat seksama, ada sejumlah perbedaan yang diterapkan Apple, salah satunya adalah poni (notch) ikonik yang ukurannya kini diperkecil.

Baca juga: iOS 14.8 Meluncur, Pemilik iPhone Wajib Update agar Data Tak Diintip

"Modul kamera TrueDepth kini dirombak untuk memberikan area display lebih banyak. Kini, ukurannya 20 persen lebih kecil (dibanding generasi sebelumnya)," klaim VP iPhone Product Marketing, Kaiann Drance, di kesempatan yang sama.

Di dalam poni tersebut, terdapat kamera selfie 12 MP, kamera inframerah untuk memindai wajah (Face ID), dan beragam sensor pendukung lainnya. Masih di bagian depan, layar iPhone 13 sebenarnya memiliki ukuran yang sama dengan iPhone 12, yaitu 6,1 inci.

Layar tersebut dibekali dengan teknologi panel Super Retina XDR DIsplay, yang diklaim 28 persen lebih terang dari generasi sebelumnya. Tingkat kecerahan layarnya sendiri mentok di angka 800 nits, namun akan ditingkatkan ke 1.200 nits ketika sedang melihat konten HDR.

Selain notch dan layar, desain kamera belakang iPhone 13 juga sedikit kini dirombak. Alih-alih disusun rapi secara vertikal, dua kamera belakang di ponsel tersebut kini disusun secara diagonal.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, serta iPhone 13 Pro Max

iPhone 13, memori mulai 128 GB

Ilustrasi iPhone 13Apple Ilustrasi iPhone 13

Sama seperti iPhone 12, iPhone 13 dibekali dengan dua kamera belakang, terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.7) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.4, bidang pandang 120 derajat).

Salah satu fitur kamera baru adalah kehadiran sensor-shift OIS, fitur pengoptimalan serta penstabil gambar mumpuni yang hadir di iPhone 12 Pro Max, namun kini diadopsi model reguler untuk pertama kalinya.

Baca juga: Awas, Getaran Mesin Sepeda Motor Bisa Merusak Kamera iPhone

Ada pula fitur Night Mode yang kini hadir di seluruh kamera, serta fitur Cinematic Mode yang bisa menerapkan efek bokeh ke perekaman video. Sebelumnya, efek bokeh sendiri hanya bisa dipakai untuk mode pemotretan gambar saja.

Secara hardware, iPhone 13 juga ditenagai dengan chip terbaru, yaitu A15 Bionic. SoC tersebut kini difabrikasi dengan teknologi 5nm dan diklaim 50 persen lebih ngebut dari pesaingnya.

Pilihan warna iPhone 13Apple Pilihan warna iPhone 13

Pada sektor media penyimpanan, iPhone 13 kini dibekali dengan memori internal dengan varian terendah 128 GB, dua kali lipat lebih banyak dibanding iPhone 12 dengan varian standar 64 GB.

Kemudian, kapasitas storage selanjutnya pada iPhone 13 adalah 256 GB dan tertinggi adalah 512 GB. Untuk aspek daya, iPhone 13 diklaim memiliki daya tahan 2,5 jam lebih lama dibanding iPhone 12.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com