Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Watch Series 7 Meluncur, Layar Luas Bezel Lebih Tipis

Kompas.com - 15/09/2021, 08:03 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bersamaan dengan diperkenalkannya lini iPhone 13, Apple turut mengumukan arloji pintar terbarunya, yakni Apple Watch Series 7. Arloji pintar ini dirilis dalam acara yang digelar pada Rabu, (15/9/2020) dini hari WIB.

Ada dua model Apple Watch Series 7 yang diperkenalkan yaitu varian 41mm dan 45mm. Penerus dari Apple Watch Series 6 ini hadir dengan membawa sejumlah peningkatan salah satunya yaitu dari segi desain dan ketahanan perangkat.

Layar Apple Watch Series 7 kini lebih lega. Smartwatch terbaru dari Apple ini diklaim memiliki ukuran layar 20 persen lebih besar dibandingkan pendahulunya. Keempat sudut layar juga lebih membulat (rounded).

Sebagai perbandingan, Apple Watch Series 6 yang dirilis tahun lalu memiliki ukuran 40mm dan 44mm.

Tak cuma itu, Apple turut mengurangi ketebalan bezel perangkat menjadi 1,7mm atau 40 persen lebih ramping dari Watch Series 6.

Baca juga: 5 Merek Smartwatch Terpopuler Saat Ini, Apple Teratas

Sama seperti pendahulunya, arloji pintar ini juga memiliki fitur always-on display. Bedanya, fitur always-on display di Apple Watch Series 7 diklaim 70 persen lebih terang dari pendahulunya.

Soal ketahanan, Apple Watch Series 7 diklaim lebih tangguh. Apple mengklaim bahwa penutup kacanya mampu melindungi layar sehingga anti retak. Perangkat ini juga memiliki sertifikasi IP6X untuk ketahanan air dan debu.

Apple Watch Series 7 menjalankan sistem operasi WatchOS 8. OS ini membawa dukungan fitur yang mampu mendeteksi pengguna apabila sedang mengalami kecelakaan saat berolahraga, seperti terjatuh dan lainnya. Nantinya, perangkat ini bisa menghubungi layanan darurat untuk meminta bantuan.

Selain itu, WatchOS 8 juga hadir dengan elemen UI terbaru yang didesain ulang, seperti ukuran tombol yang lebih besar. Notifikasi yang ditampilkan juga lebih mengutamakan teks.

Keyboard qwerty

Apple Watch Series 7 hadir dengan layar yang lebih luas dan bezel yang lebih tipisThe Verge Apple Watch Series 7 hadir dengan layar yang lebih luas dan bezel yang lebih tipis

Apple Watch Series 7 kini dilengkapi dengan keyboard QWERTY yang memungkinkan pengguna dapat menjawab pesan dalam bentuk teks.

Apple mengklaim bahwa pengguna bisa meng-input teks 50 persen lebih banyak ke dalam layar dibandingkan Watch Series 6.

Baca juga: Apple Watch Jadi Alat Bantu Aksi Perampokan Rp 7 Miliar

Apple turut membekali arloji pintar ini dengan teknologi machine learning bernama Apple QuickPath untuk memprediksi teks apa yang akan diketik.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (15/9/2021), masa pakai baterai Apple Watch Series 7 diklaim mampu bertahan hingga 18 jam.

Dengan dukungan fitur Fast Charging 33 Watt, baterai Apple Watch Series 7 diklaim mampu terisi hingga 80 persen hanya dalam waktu 45 menit melalui port USB-C.

Apple Watch Series 7 tersedia dalam beberapa pilihan material, yakni aluminium, stainless steel, hingga titanium.

Varian warnanya ada lima yaitu Black, Gold, Blue, Red, dan Dark Green. Perangkat ini sendiri dibanderol mulai dari 399 Dollar AS atau sekitar Rp 5,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com