Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Transkrip Voice Note

Kompas.com - 16/09/2021, 18:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatApp kabarnya sedang menyiapkan fitur baru lagi, kali ini berupa kemampuan transkrip untuk pesan suara (voice note) di WhatsApp versi iOS.

Menurut keterangan dari situs WABetaInfo, dengan fitur ini, pesan suara bisa diubah menjadi teks sehingga pengguna bisa mengetahui isinya tanpa perlu memutarnya terlebih dahulu.

Selama ini, fitur voice note memang berguna ketika pengguna ingin mengirim pesan tapi sedang tak memungkinkan untuk mengetiknya secara langsung.

Namun di sisi lain, si penerima voice note juga bisa saja sedang dalam kondisi tidak bisa mendengarkan pesan suara tersebut. Misalnya, karena tidak membawa headphone atau sedang berada di lingkungan yang berisik.

Baca juga: Fitur Backup Percakapan Anti-intip WhatsApp Meluncur

Nah, ketika si penerima tak memungkinkan untuk mendengarkan voice note yang diterimanya, di sinilah fitur transkripsi voice note berperan.

Seperti software transkrip otomatis Otter.ai dan Google Recorder, fitur yang disiapkan WhatsApp ini akan mengubah isi voice note ke dalam teks.

Jendela perizinan akses ke speech recognition untuk mentranskripsi voice note di WhatsApp.WABetaInfo Jendela perizinan akses ke speech recognition untuk mentranskripsi voice note di WhatsApp.
Fitur transkrips voice note ini nantinya bersifat opsional. Artinya pengguna bisa memilih untuk mengaktifkannya atau tidak.

Dalam sebuah gambar tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, bila memilih untuk mengaktifkannya, pengguna harus memberikan izin WhatsApp untuk mengakses fitur Speech Recognition.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Memindahkan Histori Percakapan WhatsApp dari Perangkat iOS ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Izin tersebut akan muncul sebagai jendela pop-up. Di situ tertera informasi bahwa data suara yang diterima dari WhatsApp ini akan dikirimkan ke Apple, untuk ditindaklanjuti (ditranskrip).

Selain itu, tertulis pula bahwa data yang dikirimkan dari fitur transkrip voice note WhatsApp ini juga akan membantu Apple untuk meningkatkan teknologi pengenalan suaranya (speech recognition).

Pengguna akan diberikan opsi "OK" untuk melanjutkan transkrip pesan suara, atau "Don't Allow" bila tak ingin mengaktifkannya.

Bila pengguna memilih "OK", maka pengguna akan diarahkan ke jendela "transkrip". Di situ, pengguna bisa melihat hasil transkrip dari voice note miliknya berdasarkan stempel waktu.

Stempel waktu itu juga berguna bila pengguna ingin lompat ke isi pesan suara tertentu saja pada voice note, sehingga tak perlu mendengarkan voice note dari awal.

Jendela transkrip di WhatsApp iOS yang memuat hasil transkripsi voice note.WABetaInfo Jendela transkrip di WhatsApp iOS yang memuat hasil transkripsi voice note.
Saat pesan ditranskrip untuk pertama kali, teksnya akan disimpan secara lokal di database WhatsApp, sehingga tidak perlu ditranskrip lagi jika pengguna ingin melihatnya lagi di kemudian waktu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Chat dari Android ke iPhone

Seperti tertera di jendela pop-up, pesan suara yang akan ditranskrip ini tidak akan dikirim ke server Facebook atau WhatsApp, melainkan ke server Apple. Meski dikirim ke server Apple, pesan suara ini tidak akan ditautkan langsung ke identitas pengguna.

WhatsApp juga mengklaim, fitur transkripsi voice note ini dilindungi oleh sistem keamanan enkripsi ujung-ke-ujung (E2EE). Maka secara teori, voice note tak bisa diintip oleh pihak selain si penerima dan pengirim pesan.

Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna WhatsApp iOS. Belum ketahui pula, apakah fitur transkripsi voice note ini juga akan hadir di WhatsApp Android atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com