Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konten Netflix Bisa Ditonton Tanpa Bayar Langganan di Negara Ini

Kompas.com - 21/09/2021, 18:38 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Anekaserial TV dan film di Netflix biasanya hanya bisa ditonton dengan cara berlangganan. Namun, di Kenya, Netlfix awal pekan ini baru saja meluncurkan paket gratis khusus pengguna ponsel Android.

Artinya, warga negara di Benua Afrika tersebut tak perlu membayar biaya langganan untuk menonton konten Neflix. Mekanisme paket gratis tersebut mirip dengan Spotify yang selama ini dapat diakses secara cuma-cuma.

Bedanya, tayangan konten di Netflix versi gratis di Kenya tidak diselingi iklan. Jumlah konten yang bisa ditonton hanya sekitar seperempat dari koleksi keseluruhan di Netflix. Tapi ada sejumlah judul populer yang bsia ditonton gratis, termasuk serial Money Heist.

Baca juga: Pilihan Bayar dengan GoPay Kini Sudah Ada di Netflix Indonesia

Netflix mengatakan, paket gratis yang hanya bisa diakses lewat ponsel Android tersebut sengaja ditawarkan di Kenya untuk memancing pelanggan baru. Harapannya, warga negara itu akan kepincut dan kemudian berlangganan secara berbayar.

"Jika Anda belum pernah menonton Netflix sebelumnya, ini adalah momen yang tepat untuk menikmati layanan kami," ujar Cathy Conk, Director of Product Innovation Netflix, dalam sebuah posting blog, seperti dihimpun KompasTekno dari Reuters, Selasa (21/9/2021).

"Kalau Anda suka dengan apa yang Anda tonton, Anda bisa membeli salah satu paket berbayar kami, sehingga semua konten film di dalamnya bisa Anda nikmati melalui TV atau laptop Anda," imbuh Conk.

Netlix mulai memberlakukan paket gratisnya di Kenya pada Senin kemarin. Semua warga Kenya berusia 18 tahun ke atas bisa mendaftar paket gratis dan membuat hingga lima profil untuk menonton tayangan dari smartphone.

Baca juga: Nonton Netflix secara Ilegal, Ratusan Orang Ditangkap

Konten yang tidak bisa diakses oleh pengguna Netflix versi gratis akan ditandai oleh ikon gembok. Ketika konten itu di-klik, Netflix akan menampilkan ajakan untuk berlangganan.

Selain jumlah konten yang dibatasi, beberapa fitur Netflix juga tak bisa diakses oleh pengguna gratisan, misalnya fitur download serial TV atau film.

Sebelum ini, Netflix pernah bereksperimen dengan menyediakan layanannya secara gratis. Pada 2020, beberapa episode dari serial TV populer Stranger Things bisa ditonton secara cuma-cuma dari browser.

Netflix yang kini tersedia di lebih dari 190 negara belakangan memang berupaya menggenjot jumlah pelanggan di Afrika. Paket gratis di Kenya adalah usaha terbarunya. Belum diketahui apakah Netflix juga berniat menyediakan akses gratis di negara lain atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com