Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Tampilan hingga Peta, Ini 10 Perbedaan iOS 15 dari iOS 14

Kompas.com - 22/09/2021, 08:12 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akhirnya resmi menggulirkan update iOS 15 untuk sejumlah pengguna iPhone yang kompatibel. iOS 15 merupakan penerus dari iOS 14 yang diperkenalkan Apple tahun lalu.

Sebagai suksesor, iOS 15 membawa beberapa peningkatan mulai dari desain, fitur, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah sejumlah perbedaan antara iOS 15 dengan iOS 14, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacWorld, Selasa (21/9/2021).

Desain dan Antarmuka

Saat diperkenalkan tahun lalu, iOS 14 membawa perombakan besar-besaran mulai dari tampilan antarmuka, home screen, widget, App Library, dan mengubah ikon Siri menjadi bola dunia berukuran kecil.

Baca juga: Fitur-fitur iOS 15 Ini Hanya Tersedia di iPhone XS ke Atas

Sementara di iOS 15, alih-alih mengubah tampilan antarmuka, Apple justru tetap mempertahankan desain yang serupa dengan iOS 14.

Fitur Baru

Salah satu kemampuan baru yang dihadirkan iOS 15 yaitu fitur yang memungkinkan pengguna dapat membagikan tautan (link) panggilan video FaceTime, mirip dengan fitur yang ada di Zoom.

Ada pula fitur Live Text yang bisa menyalin teks dari gambar, pembaruan aplikasi Apple Maps dan Apple Music, Photos, Wallet, Weather, dan Safari.

Kemudian ada juga fitur bernama Focus Mode. Sesuai dengan namanya, fitur ini bakal "melumpuhkan" sejumlah aplikasi atau pemberitahuan yang dianggap mengganggu.

Dengan begitu, pengguna bisa fokus tanpa menghiraukan berbagai gangguan yang mungkin saja datang ketika mereka sedang melakukan kegiatan tertentu, seperti bekerja atau hal-hal lainnya.

Notifikasi

Notifications di iOS 15Apple Insider Notifications di iOS 15

Sistem notifikasi juga ikut mendapatkan update. Kini, rangkuman notifikasi yang masuk ke ponsel bisa diterima pengguna kapanpun mereka mau.

Baca juga: Cara Update iPhone ke iOS 15

Lalu, apabila fitur Do Not DIsturb (DND) aktif, maka pengguna lainnya akan bisa melihat status di aplikasi Messages bahwa pengguna tersebut tidak ingin diganggu atau sedang sibuk.

Pengguna juga bisa mengubah status "Focus" untuk menyatakan bahwa mereka tengah melakukan sebuah kegiatan, misalnya bekerja, membaca, atau berolahraga.

Nantinya, Focus bakal menyesuaikan notifikasi dan tampilan home screen sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan.

Spotlight dan Photos

Spotlight di iOS 15Apple Insider Spotlight di iOS 15

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com