Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Calon Samsung Galaxy Note Versi Baru yang Bisa Dilipat?

Kompas.com - 25/09/2021, 08:35 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun ini, Samsung tidak merilis Galaxy Note seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satu alasan yang dikemukakan adalah bahwa Galaxy Note terdampak krisis kelangkaan chip.

Kini, rumor terbaru tentang Galaxy Note mulai berhembus. Salah satu pembocor gadget kenamaan Ice Universe menyebut bahwa Samsung sedang menyiapkan Galaxy Note baru. Informasi itu didapatkan dari sumber yang ada di lini rantai pasokan.

Galaxy Note baru ini kemungkinan besar akan berbeda dari model Galaxy Note yang sudah ada selama ini. LetsGo Digital mendapati sebuah paten yang didaftarkan Samsung dengan judul "Galaxy Flex Note Foldable Smartphone".

Baca juga: Menjajal Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3, Kini dengan Stylus S Pen

Dari namanya -merujuk kata "Flex"- kemungkinan Galaxy Note baru nanti akan bisa dilipat.
Dari bocoran desain render LetsGo Digital yang dihimpun KompasTekno, Sabtu (25/9/2021) Galaxy Note model baru itu tampak mirip dengan Galaxy Z Fold3.

Render desain yang dibuat LetsGo Digital dari paten Galaxy Flex Note Foldable Samrtphone.LetsGo Digital Render desain yang dibuat LetsGo Digital dari paten Galaxy Flex Note Foldable Samrtphone.
Seperti Galaxy Z Fold 3 pula, perangkat dalam ilustrasi paten terlihat bisa dlipat secara vertikal. Bedanya, bagian layar yang dilipat hanya sepertiga, alih-alih setengah, dan arah lipatannya adalah ke luar.

Dalam keadaan terlipat, bagian layar yang dilipat pun terlihat hanya menutupi setengah sisi belakang perangkat. Saat dibentangkan, layar perangkat ini sepertinya memiliki aspect ratio yang lebih memanjang ketimbang Galaxy Z Fold.

Di sisi belakang terdapat celah kecil yang digunakan sebagai tempat stylus S Pen. Celah tersebut akan tertutup ketika layar dilipat, lalu kembali terbuka saat layar dibentangkan sehingga pengguna bisa mengambil stylus.

Sosok stylus-nya sendiri terlihat pipih, mungkin agar bisa muat di dalam perangkat sambil tidak menambah tebal dimensi keseluruhan.

Baca juga: Dua Mode Samsung Galaxy Z Fold 3, Jadi Tablet 7 Inci dan Smartphone 6 Inci

Walaupun patennya telah didaftarkan, bukan berarti desain ini akan segera direalisasikan. Namun, Samsung pernah mendaftarkan paten berdasarkan desain ini bulan April 2020 lalu.

Kemudian Oktober tahun lalu, paten serupa didaftarkan di China, seperti yang dilaporkan SamMobile. Meskipun Galaxy Note absen tahun ini, Samsung tetap memperkenalkan duo smartphone lipat baru, Galaxy Z Fold3 dan Galazy Z Flip3.

Agaknya, Galaxy Z series menuai kesuksesan. Salah satu buktinya adalah laporan dari industri di Korea Selatan yang menyebut bahwa pemesanan Galaxy Z series terbaru menyentuh angka 450.000 unit selama pre-order yang berlangsung selama sepekan.

Render desain buatan LetsGo Digital dari paten Galaxy Flex Note Foldable Smartphone yang didaftarkan Samsung, di mana sisi belakang terdapat potongan khusus untuk wadah S Pen.LetsGo Digital Render desain buatan LetsGo Digital dari paten Galaxy Flex Note Foldable Smartphone yang didaftarkan Samsung, di mana sisi belakang terdapat potongan khusus untuk wadah S Pen.

Angka itu mencapai dua kali lipat dari Galaxy S21 dan 1,5 kali lipat dari Galaxy Note 20, seperti yang dilaporkan Gizmo China. Sehingga bisa saja, Samsung memang ingin membawa pengalaman ponsel lipat ke lini Galaxy Note.

Terlebih, Samsung cukup berambisi untuk membumikan ponsel lepat. Hingga saat ini belum bisa dipastikan kapan Samsung akan merilis Galaxy Note kembali.

Baca juga: Pre-order Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, 8 Kali Lipat dan Diminati Milenial Indonesia

Kabarnya, Samsung merencanakan jadwal baru untuk meluncurkan model flagship secara bergantian setiap tahunnya.

Jika rumor itu benar, artinya ada kemungkinan Galaxy Note akan dirilis tahun depan menggantikan Galaxy S series. Galaxy S series kemudian baru diluncurkan tahun berikutnya, yakni tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com