Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Link Undangan Google Meet di HP Android dan iPhone

Kompas.com - 28/09/2021, 11:06 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Meet merupakan salah satu aplikasi video confrence yang banyak digunakan sebagai sarana tatap muka dari rumah. Google Meet kerap digunakan untuk melakukan rapat hingga belajar secara virtual. 

Meski sudah banyak digunakan, tak sedikit pengguna yang masih kebingungan untuk membuat link undangan rapat di Google Meet khususnya di handphone.

Padahal, caranya terbilang mudah. Pengguna dapat mengundang orang lain untuk mengikuti rapat di Google Meet ketika rapat masih belum dimulai, ataupun saat rapat sudah berlangsung.

Baca juga: Cara Angkat Tangan di Google Meet HP Android dan iOS

Nah untuk mengetahui cara membuat link undangan di Google Meet, silakan simak langkah berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Support Google, Selasa (28/9/2021).

Cara bikin link undangan Google Meet di Android dan iOS

Pengguna ponsel Android dan iOS dapat mengunduh aplikasi Google Meet di Google Play Store dan App Store melalui tautan berikut ini.

Setelah selesai diunduh, buka aplikasi Google Meet dan pilih opsi "New meeting" untuk memulai rapat baru.

Selanjutnya, pengguna dapat menekan opsi "Get a meeting link to share" untuk membuat link rapat yang dapat dibagikan ke orang lain.

Pengguna dapat membagikan link tersebut dengan cara memilih opsi "Share invitation" dan tekan tombol "Join" untuk bergabung ke rapat.

Baca juga: Fitur Baru Google Meet Bikin Ganti Background Lebih Cepat

Cara undang rapat instan Google Meet di Android dan iOS

Selain cara di atas, pengguna ponsel Android dan iOS juga bisa melakukan cara lain. Langkah awal yang dilakukan, buka aplikasi Google Meet yang sudah terpasang di ponsel.

Kemudian, pilih opsi "Start an instant meeting" untuk membuat ruang rapat online secara instan.

Setelah ruang rapat online dibuat, pengguna dapat menekan tombol "Share invite" untuk mengundang orang lain bergabung ke dalam rapat. Pengguna bisa membagikan link undangan tersebut melalui e-mail maupun pesan instan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com